Yesusiana Narande Mahasiswa Musik Gereja Sebagai Delegasi Sulawesi Utara pada Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea Selatan 2022

Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dalam Program Studi (Prodi) Musik Gereja (MG) Yesusiana Narande terpilih menjadi delegasi untuk Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea Selatan (PPIKor) atau lebih umum dikenal dengan Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP).

Yesusiana Narande saat ini merupakan mahasiswa aktif semester 6 (enam) IAKN Manado yang terlibat aktif dalam organisasi kampus sebagai koordinator divisi Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) di Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himapro) Musik Gereja, juga sebagai anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) – Mixed Choir, dan juga sebagai wakil ketua UKM Band IAKN Manado serta Wakil Ketua Komisi Mahasiswa GMIM Fungsional Kampus Manado.

Sebelum keberangkatan ke negara tujuan, dilaksanakan kegiatan Pre Departure Training (PDT) hal dilakukan sebagai persiapan untuk 18 delegasi terpilih. Kegiatan PDT dilaksanakan pada tanggal 26 – 29 Juni di Jakarta. Kemudian Plennary session pada tanggal 30 Juni – 1 Juli (masih di JKT) dan 15 Juli (di provinsi masing-masing).

Kemudian pada tahun ini pelaksanaan program IKYEP masih virtual, maka dari itu pelaksanaan program pada rentang tanggal 2 Juli hingga 14 Juli dilangsungkan secara online, berbasis Self Paced learning (belajar mandiri) yang mana tiap delegasi berada di provinsi masing-masing.

Jelasnya kegiatan yang di ikuti ini adalah program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama dengan Ministry of Gender Equality and Family (MOGEF) South Korea, yang mana tahun 2022 provinsi Sulawesi Utara mendapat bagian untuk Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea Selatan (PPIKor) atau lebih umum dikenal dengan Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP).

“Saya terpilih sebagai delegasi untuk merepresentasikan Sulawesi Utara dan menjadi salah satu dari 18 delegasi yang nantinya menjadi kontingen Indonesia pada program IKYEP tahun 2022. Untuk menjadi delegasi terpilih, ada rangkaian seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Prov. Sulawesi Utara, dan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Sulut -PCMI adalah perhimpunan alumni delegasi program PPAN.”Jelas Yesusiana.

Yesusiana juga saya bersyukur boleh terpilih menjadi delegasi Sulut tahun ini.

“Puji Tuhan, semua berkat anugerah dari Tuhan Yesus Kristus, saya bisa melewati rangkaian seleksi seperti tes tertulis hingga pada tahap wawancara dengan baik dan puji Tuhan saya terpilih menjadi delegasi Sulawesi Utara tahun ini.” Ujar Narande

Yesusiana menambahkan harapannya dengan mengikuti program ini nantinya beliau dapat membagikan kepada masyarakat terutama anak-anak muda.

“Harapan saya dengan mengikuti program ini untuk memiliki dan menyebarkan cultural awareness bagi masyarakat. Apalagi di masa kini where the hegemony of the blooming of digitalization, anak-anak muda patut untuk memiliki kesadaran to preserving our culture. Kesadaran untuk melestarikan kebudayaan nantinya saya harap dapat saya bagikan kepada masyarakat terutama anak-anak muda. Apa yang saya dapati di program inilah yang saya rindukan untuk saya bagikan. Tapi tentu saja dengan mengikuti program ini saya lebih mengenal dan mencintai Indonesia.” Tutup Yesusiana.*CK/Editor:JEW

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado