Triatno Matteuw Mahasiswa Prodi Teologi Menyandang Gelar Duta Bahasa Provinsi Sulawesi Utara 2023

Triatno Matteuw mahasiswa semester 3 (tiga) Program Studi (Prodi) Teologi pada Fakultas Teologi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menyandang gelar Duta Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2023.

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Sulawesi Utara dilaksanakan di Hotel Sentra Manado mulai dari tanggal 21-23 Juni 2023.

Menurut Triatno Matteuw, kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara memiliki proses seleksi yang ketat.

“Seleksi diawali dengan mengikuti tes Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) yang diselenggarakan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) di bawah naungan Balai Pengembangan dan Pembinaan Bahasa RI setelahnya akan dinyatakan 20 besar yang lolos.” Tutur Triatno Matteuw.

Tujuan kegiatan yaitu agar Duta Bahasa sebagai Abdi Bahasa, Jaga Bahasa, Niaga Bahasa dan Menggaungkan Trigatra Bangun Bahasa. Dan utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing.

Keberlangsung kegiatan selama 3 hari, hari pertama Triatno Matteuw menjalani psikotes dan menerima materi, hari kedua diawali dengan presentasi Krida Karya dari masing masing peserta dan dilanjutkan malam Seni dan Budaya dan hari ketiga adalah puncak acara penganugerahan Duta Bahasa Sulut 2023

“Dan saya boleh meraih Terbaik V Duta Bahasa Sulawesi Utara 2023.” Jelas Triatno Matteuw

Tambahnya “Salah satu ajang bergengsi di Sulawesi Utara dan wadah aktualisasi diri bagi saya yang memiliki kecintaan terhadap bahasa. Pemilihan duta yang sangat saya nantikan dan saya bersyukur menjadi bagian dari duta bahasa.”.

Diketahui, Triatno Matteuw juga menjabat/menyandang gelar Wakil I Nyong IAKN Manado 2023.*CK

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by