Review dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE), IAKN Manado Sukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sukses menyelenggarakan kegiatan Review dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Hotel Swissbell Maleosan mulai dari tanggal 16-18 Juni 2022.

Kegiatan diawali dengan pengantar kegiatan Pengembangan Kurikulum berbasis OBE dan MBKM oleh Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd sebagai Wakil Rektor (Warek) I Bidang Akademik dan Kelembagaan). Dalam sambutanya, Warek I menyampaikan agar IAKN Manado dapat segera mengimplementasikan Kurikulum Berbasis OBE pada MBKM.

Selanjutnya, pembahasan draft pedoman MBKM IAKN Manado oleh Tim Penyusun Pedoman MBKM IAKN Manado.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Design Kurikulum oleh Dr. Jhoni Lagun Siang, M.Pd.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang ahli dalam bidang nya, yakni Dr. Drs. Wonny Ahmad Ridwan, M.M dari IPB University dan Warcito, S.P., M.M.

Kedua narasumber membahas berbagai materi, diantaranya Kebijakan Mutu (SPMI) Kurikulum dan Penyusunan CPL Berbasis Outcome Based Education, Penyusunan bahan kajian dan Peta CPL, Penyusunan mata kuliah, SKS dan peta CPL, RPS berbasis OBE, Tugas berbasis PBL/PjBL dan menyusun asesmen mata kuliah dan evaluasi CPL.

Di hari terakhir kegiatan dilakukan presentasi oleh masing-masing Program Studi (Prodi).

Acara ditutup secara resmi oleh Rektor IAKN Manado Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd yang diwakilkan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Warek berharap melalui pelaksanaan kegiatan ini akan ada action dari masing-masing prodi dalam menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Mari Sukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan adanya Review dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) bagi IAKN Manado”. Tutup Warek.

Peserta dalam kegiatan ini diantaranya Para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua LPM, Ketua LP2M, Wakil Dekan, Kabag Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Sekretaris LPM dan LP2M.

Diketahui, sebelumnya kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor IAKN Manado pada tanggal 15 Juni 2022 dalam rangkaian Review dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2022 di Aula IAKN Manado.*DOP/Editor:JEW

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by