Plt. Rektor dan Karo AUAK IAKN Manado Hadiri Pembinaan, Wamenag RI Tegaskan ASN Kemenag Jangan Terlibat Politik Praktis

Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd dan Kepala Biro AUAK IAKN Manado Johni Tilaar, S.Th., M.Si menghadiri pembinaan Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si yang digelar di Hotel Grand Whiz Manado, Senin (13/02/23).

Wakil Menteri Agama RI mengingatkan ASN Kementerian Agama untuk tidak terlibat dalam politik praktis. Memasuki tahun politik, ASN Kementerian Agama harus menjadi garda terdepan dalam mengawal politik yang sehat dan demokratis.

Wamenag RI menegaskan bahwa ASN Kemenag jangan sampai terlibat dengan politik praktis. ASN harus mampu menjaga dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana berpolitik yang beradab dan demokratis.

“Mari kita bangun politik kenegaraan yang mengatasi semua perbedaan. Jangan sampai pilihan politik yang berbeda, mengganggu kehidupan beragama dan kerukunan kebangsaan. Ini penting. Apalagi Tahun 2023 dicanangkan sebagai tahun kerukunan antar umat beragama, jangan sampai terjadi perpecahan karena politik,” Ajak Wamenag RI.

Dilanjutkan Wamenag, ASN Kemenag dapat menjadi pioneer kerukunan yang merekatkan perbedaan. Baginya, perbedaan adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dipaksakan menjadi sama, sebuah rahmat Tuhan yang harus disyukuri.

Wamenag juga menyampaikan 6 (enam) pesan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat Rakernas dalam pertemuan tersebut. Enam pesan ini menjadi fokus utama yang harus dilakukan di tahun 2023. 

1. Peningkatan Profesionalisme ASN
2. Komitmen Anti Korupsi
3. Respon Cepat Penanganan Isu di Masyarakat
4. Realisasi Anggaran Program Prioritas yang Akuntabel
5. Tercapainya 10 Juta Sertifikasi Halal
6. Tahun 2023, Tahun Kerukunan Umat Beragama

Seluruh ASN Kemenag diminta untuk bersama-sama merealisasikan dan mensukseskan enam pesan dan harapan Menag kepada seluruh ASN Kemenag.

Turut Hadir mendampingi dalam pembinaan Wamenag RI, Kakanwil Kemenag Sulut H. Sarbin Sehe, Rektor IAIN Manado Delmus Puneri, Ph.D diwakili Karo AUAK IAIN Manado Marwan Razak dan Kepala Balai Diklat Keagamaan Manado Muis Riyadi.

Pembinaan ASN ini juga diikuti oleh jajaran eselon III Kanwil Kemenag Sulut dan daerah. Hadir juga sejumlah ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sulut, penghulu dan penyuluh agama Islam se-Sulawesi Utara.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by