Pekan Ilmiah Pascasarjana Tahun 2023 Digelar Untuk Pertama Kalinya, Wakil Rektor : Kultur Akademik Pascasarjana IAKN Manado Semakin Baik

Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Pekan Ilmiah Pascasarjana (PIP) Tahun 2023 di Aula IAKN Manado, Kamis (16/02/2023). PIP IAKN Manado Tahun 2023 akan digelar mulai dari tanggal 16-23 Februari 2023.

PIP IAKN Manado merupakan salah satu upaya mengimplementasikan mandat tersebut untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain itu, kegiatan ilmiah ini juga untuk memfasilitasi mahasiswa dan dosen dalam rangka meningkatkan literasi keilmuan melalui diskusi ilmiah, kemampuan melakukan penelitian serta membuat karya ilmiah sehingga dapat dipublikasi pada jurnal-jurnal yang bereputasi dan memberi kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, tenologi dan seni.

Direktur Pascasarjana IAKN Manado, Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan berdaya dampak positif selain bagi mahasiswa dan dosen, juga untuk meningkatkan reputasi IAKN Manado sehingga memiliki keunggulan komparatif dan dapat diperhitungkan dalam pergaulan akademik di kancah Perguruan Tinggi di Indonesia bahkan dunia Internasional.

“Reputasi sebuah perguruan tinggi ditentukan terutama oleh kualitas,  serta kontribusi penelitian yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tersebut dan berdampak bagi pembangunan dan kemajuan peradaban manusia.” Ucap Direktur.

Menurut Direktur, PIP IAKN Manado Tahun 2023 merupakan event perdana dan diharapkan terus dikembangkan dan menjadi budaya akademik pada setiap Semester dan/atau Tahun Akademik.

“Oleh karena bersifat perdana maka pelaksanaan kegiatan tahun ini baru dibatasi pada topik-topik yang dianggap stratejik dan mendesak yakni: 1) Workshop Penulisan Karya Ilmiah; Tips dan Trik Jitu Penulisan Artikel Ilmiah Tembus Jurnal Bereputasi; 2) Selain itu juga akan dilaksanakan Diskusi Panel dengan tema “Peran Stratejik Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen dalam Mewujudkan Moderasi Beragama;” serta Research Camp bagi mahasiswa on process dalam penyusunan tesis dan disertasi,” Ujar Direktur.

Dilanjutkan Direktur, kegiatan Pekan Ilmiah Pascasarjana tahun 2023 ini, dilaksanakan kegiatan kerjasama dalam bentuk Visiting Profesor dilingkungan Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri Manado dilakukan secara daring dan luring.

“Pekan Ilmiah Awal Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023, juga akan dilaksanakan Program Matrikulasi pada setiap Program Studi. Program matrikulasi ini dimaksudkan agar para mahasiswa memperoleh wawasan keilmuan bidang ilmu yang pilihnya berdasarkan mandat program studi, sehingga para mahasiswa memiliki kemampuan beradaptasi secara akademik. Program ini dilaksanaka sebelum dilaksanakan perkuliahan reguler setiap program studi.” Tutup Direktur Pascasarjana.

Pelaksana Tugas Rektor IAKN Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Umum Perencanaan dan Keuangan Dr. Arthur Gerung, M.Th dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Pascasarjana.

“Kultur Akademik Pascasarjana IAKN Manado semakin baik, mulai dari tata kelola, mutu dan kualitas pendidikannya.” Ujar Wakil Rektor.

Wakil Rektor berharap pelaksanaan event perdana PIP di Tahun 2023 akan berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya, sehingga akan memberi dampak positif bagi pengembangan ilmu dosen dan mahasiswa pascasarjana.

“Selamat dan sukses untuk Pekan Ilmiah Pascasarjana IAKN Manado Tahun 2023.” Tutup Wakil Rektor sambil membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Dr. Jhon A. Titaley, Th.D dengan topik “Peran Strategik Perguruan Tinggi Keagamaan dalam Memperkukuh Moderasi Beragama. Diketahui, yang menjadi Moderator dalam Kuliah Umum adalah Dr. Anita Inggrith Tuela, M.Th (Dekan Fakultas Teologi IAKN Manado).*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by