Meningkatkan Kreativitas Penyanyi, IAKN Manado dan MSUC Berkolaborasi Menggelar ChoirLab21C

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado berkolaborasi dengan Musica Seni Utama Cipta (MSUC) menggelar ChoirLab21C di Aula IAKN Manado, Jumat (29/07/22).

Kegiatan ChoirLab21C menghadirkan Prof. Andre de Quadros (Boston University, USA & Art Director of MSUC).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan, kemandirian, kreativitas penyanyi dalam paduan suara. Selain itu, ChoirLab21C  menjadi wadah bagi Program Studi (Prodi) Musik di IAKN Manado, khususnya pada Prodi Pendidikan Musik Gereja (PMG) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) dan Prodi Musik Gereja (Muger) Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan (FSISK) sehingga mahasiswa dan dosen dapat bersama-sama dengan penyanyi-penyanyi paduan suara dari berbagai sanggar, Yayasan, sekolah dan gereja. Ini juga merupakan kegiatan peningkatan suasana akademik bagi kedua program studi.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Olivia Ch. Wuwung, ST., M.Pd mengungkapkan rasa bangga dan senang atas kehadiran Prof. Andre de Quadros.

Wakil Rektor berharap ChoirLab21C dapat bermanfaat bagi Civitas Akademika IAKN Manado khususnya Prodi PMG dan Muger serta seluruh komunitas paduan suara yang ada di Sulawesi Utara.

“Kami berharap juga kegiatan ini bukanlah yang pertama ataupun terakhir, semoga kedepan dapat berkerja sama dengan kami, apalagi jika melihat profil dari pembicara yang lebih tertarik ke etnomusikologi, kami juga rencananya akan membuka Prodi ini, kiranya Prof. Andre dapat bersama dengan kami dan memberikan kontribusi untuk kemajuan IAKN Manado.” Tutup Wakil Rektor.

Diketahui, inti dari kegiatan ini yakni memperkenalkan apa itu choirlab21c, membuka wawasan berpikir mengenai paduan suara pada abad 21. Selain itu, membuat kelas paduan suara dengan menyanyikan lagu Akanamandla, Down by the Riverside dan Road Home. Kemudian, dilanjutkan dengan sharing tentang feeling dari aktivitas paduan suara selama kurang lebih 2 (dua) jam, tanya jawab seputar choir dan berbagi pengalaman mengenai choir.

Tampak hadir pengurus dan anggota MSUC, pelatih dan para penyanyi paduan suara yang berasal dari Gereja-gereja, SMART CHOIR SMA 3 Tondano dan beberapa Perguruan Tinggi. Kemudian dari IAKN Manado juga hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kaprodi, Sekprodi PMG dan MG, Ketua LPM, Kepala SPI serta seluruh Dosen musik.

Written by