IAKN Manado Jalin Kerjasama dengan Perpustakaan Nasional bersama Perguruan Tinggi dan Pemerintah Kab/Kota se-Sulawesi Utara

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Alrik Lapian, S.Th., M.Sn menandatangani Nota Kesepakatan antara Perpustakaan Nasional RI dengan Pemerintah Daerah dan beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) di Aula Mapalus Kantor Gubernur Prov. Sulut, Selasa (22/3/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandou.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional RI, anggota Komisi X DPR RI Vanda Sarundajang, Ketua DPRD Sulut, Sekprov Sulut Gammy Kawatu, Kepala Perpustakaan RI Sulut, beberapa Bupati dan Walikota serta Pimpinan Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Sulut.

Selain Penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Pemerintah dan Perguruan Tinggi di Sulawesi Utara Tahun 2022, digelar kegiatan bertajuk Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan, Pengukuhan Bunda Literasi Provinsi dan Kabupaten/Kota. Adapun Tema kegiatan ini yakni “Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional”.

Setelah acara pembukaan, kegiatan diawali dengan Pengukuhan Ibu Ritha Maya Dondokambey Tamuntuan sebagai Bunda Literasi Provinsi Sulawesi Utara serta Bunda-Bunda Literasi Kabupaten/Kota lainnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Perpustakaan Nasional dengan Perguruan Tinggi, selanjutnya dengan beberapa Pemerintah Kabupaten dan Kota termasuk Kota Manado dan terakhir Penandatangan nota kesepakatan antara Perpustakaan Nasional dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Ibu Deputi menyampaikan berbagai program nasional yang sedang dan akan dilakukan oleh Perpustakaan Nasional.

Anggota Komisi X DPR R.I Vanda Sarundajang yang ikut memotivasi soal minat baca dan bagaimana menjadikan perpustakaan sebagai sumber Ilmu Pengetahuan sekaligus mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Perpustakaan Nasional selama ini.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Gubernur Sulut yang mengungkapkan konsep literasi secara umum dan bagaimana kaitannya dengan soal peningkatan SDM.

“Literasi itu penting, membaca dan menulis harus ditingkatkan dan momentum ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat kendati kita hidup ditengah perkembangan teknologi informasi,” Ungkap Wagub.

Wagub pun mengingatkan sekaligus memotivasi beberapa kepala daerah kabupaten/kota yang belum memanfaatkan momentum ini agar kiranya Perpustakaan Nasional menyiapkan berbagai fasilitas peningkatan SDM yang nantinya akan dimanfaatkan bersama-sama.

Yang ikut mendampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dalam kegiatan penandatangan yakni Kepala Perpustakaan dan Humas IAKN Manado.

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by