Badan Ristek Inovasi Nasional Sosialisasi Penyelenggaraan Program MBKM di IAKN Manado

Badan Ristek Inovasi Nasional (BRIN) memberikan Sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui Zoom Meeting di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Kamis (27/10/22).

Rektor IAKN Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya karena IAKN Manado dapat direspon oleh BRIN dan berharap respon positif ini juga diterima dengan baik oleh Civitas Akademika IAKN Manado dan turut serta dalam program-program strategis BRIN.

Indra Hartati dalam sosialisasinya tentang BRIN juga mengenalkan Manajemen Talenta Riset dan Inovasi. Selain itu, Indra juga menjelaskan tentang peningkatan kualifikasi Talenta Riset dan Inovasi, Kejasama yang terjalin antara Perguruan Tinggi dan BRIN, Degree By Research (Program untuk meningkatkan kapasitas PNS dan Non-ASN berbasis kegiatan literasi.

Hal lainnya yang disampaikan Indra Hartati dalam sosialiasi BRIN terkait penguatan Talenta Research dan Inovasi serta apresiasi Riset dan Inovasi.

Diana Kusumadewi saat memberikan sosialisasi penyelenggaraan program MBKM menyampaikan bahwa bentuk kegiatan program MBKM BRIN adalah Magang / Praktik Kerja (Peserta melakukan kegiatan kerja non-riset) dan Penelitian / Riset

(Peserta melakukan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ditambahkan Diana Kusumadewi, persyaratan program MBKM BRIN di Perguruan Tinggi yakni, Menyelenggarakan Program MBKM, telah memiliki perjanjian kerja sama dengan BRIN terkait penyelenggaraan Program MBKM dan Kerja sama dilakukan terpusat antara rektorat dengan Deputi SDM IPTEK.

Selain itu, dijelaskan juga tentang alur proses perjanjian kerjasama MBKM dengan BRIN dan sudah ada 93 Perguruan Tinggi yang bekerjasama dengan BRIN.

Diketahui, IAKN Manado saat ini sementara melakukan penjajakan Perjanjian Kerjasama dengan berbagai pusat riset BRIN yang memiliki keterkaitan ilmu. Pusat riset yang dimaksudkan adalah Pusat Riset Pendidikan, Pusat Riset Kerukunan dan Moderasi Beragama, Pusat Riset Agama dan Kepercayaan, Pusat Riset Khazanah Keagamaan dan Peradaban.

Turut hadir dalam kegiatan para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kaprodi dan Sekprodi, seluruh dosen dan mahasiswa di lingkup IAKN Manado. *DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by