Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himapro) Sosiologi Agama (SA) Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan (FSISK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan membantu jalannya kegiatan vaksinasi kepada warga Kota Manado di Kelurahan Singkil 1 (satu) Lingkungan 1 (satu), Sabtu (03/07/2021).

“Kegiatan vaksinasi yang diprogramkan oleh pemerintah pusat melalui bapak Walikota Manado kepada kami (Dinas Kesehatan) untuk melaksanakannya disetiap daerah. Kegiatan ini dilakukan untuk memutus rantai covid-19 caranya yakni kita semua mendapatkan hak imunitas secara berkelompok dengan melakukan vaksinasi.” Ujar dr. Helena Hutauruk (Penyelenggara Kegiatan).

Himapro Sosiologi Agama juga membantu dalam hal pengecekan data masyarakat yang akan divaksin serta mengarahkan masyarakat untuk tetap terapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

“Kami membantu masyarakat dalam pengecekan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta mengisi formulir, juga tetap mengarahkan masyarakat untuk menerapkan prokes dan laksanakan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga Jarak.” Ucap Novel (Himapro Sosiologi Agama).

Saat dikonfirmasi pihak Media and Broadcasting Center (MBC) IAKN Manado, Kaprodi Sosiologi Agama, Lidya Kandowangko, M.A membenarkan kegiatan tersebut. Kaprodi menjelaskan dengan adanya kegiatan ini membuat Dosen dan mahasiwa prodi SA bisa saling berkolaborasi dalam mempelajari masyarakat secara langsung.

Selain itu, menurut Kaprodi kegiatan ini dapat menjadi laboratorium pembelajaran bagi mahasiswa untuk memahami perilaku masyarakat dalam merespon kebijakan pemerintah terkait vaksinasi dan menganalisis pola kebiasaan masyarakat dalam melaksanakan protokoler kesehatan. Secara bersamaan, hal ini adalah bentuk kontribusi sosial untuk menunjang kebijakan pemerintah dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap program vaksinasi.

Kaprodi berterima-kasih kepada Dosen Penanggung Jawab Mem Natalia Lahamendu, M.Si, para Dosen yang ikut serta dan mahasiswa yang terlibat aktif. “Semoga kegiatan akademis yang kontruktif seperti ini akan terus dilakukan.” Tutup Lidya Kandowangko, M.A.

Dinas Kesehatan Pemerintahan Kota Manado juga berharap kiranya masyarakat yang sudah memenuhi syarat divaksin bisa antusias datang dengan sukarela untuk divaksinasi demi kebaikan bersama.

Penulis : Chezia Kaunang (UKM Multimedia Divisi Pemberitaan)
Peliput Berita : Novel Omar Lanoh (UKM Multimedia Divisi Pemberitaan)
Editor : MCR
Sumber Foto : UKM Multimedia IAKN Manado
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X