Setelah ikuti program akademik Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), 205 Mahasiswa Fakultas Teologi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado siap mengikuti Seminar Laporan Hasil PPL via Daring. Pelaksanaan Seminar Hasil PPL diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Yuni F. Labobar, M.Si.Teol melalui Aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (14/09/2021).

Kegiatan dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing Program Studi (Prodi) oleh David R.M Simanjuntak, M.Pd Ketua Prodi Teologi dan Dr. Yohan Brek, M.Th., M.Pd Ketua Prodi Pastoral Konseling yang melaporkan ada 194 Mahasiswa dari Prodi Teologi dan 11 Mahasiswa dari Prodi Pastoral Konseling yang mengikuti kegiatan PPL selama 1 (Satu) bulan mulaiĀ  tanggal 14 Juli 2021 sampai 14 Agustus 2021 yang tersebar di 12 Sinode GERMITA, GMIM, GMIST, KGPM, GMIH, GPIG, GPIBK, GMPU, GPIBT, KGMPI, GPDI dan GKPMI.

Kemudian pengarahan sekaligus laporan kepada Rektor IAKN Manado dari Dekan Fakultas Teologi Dr. Anita I. Tuela, M.Th mengatakan bahwa sebenarnya pelaksanaan PPL untuk Fakultas Teologi tahun ini dilaksanakan di Sinode GMIST Resort Siau Barat dan Siau Timur tapi karena kondisi dan situasi yang terjadi bahwa gelombang kedua pandemi Covid-19 membuat adanya keterbatasan-keterbatasan yang dilakukan oleh Pemerintah dalam rangka meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Lanjut Dekan, kegiatan yang direncanakan dengan menyesal harus dibatalkan akan tetapi program akademik PPL tidak bisa dibatalkan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada dengan mengambil kebijakan pelaksanaan PPL dilaksanakan ditempat domisili masing-masing mahasiswa ataupun ditempat dimana memungkinan mahasiswa untuk dapat diterima dan melakukan kegiatan PPL.

Setalah itu kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd yang diwakilkan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Olivia Ch. Wuwung, ST., M.Pd, dalam sambutannya Warek I mengatakan pelaksanaan Seminar Hasil PPL ini merupakan salah satu tahap yang harus mahasiswa lalui demi mencapai sesuatu yang mahasiswa dambakan yaitu menjadi Sarjana Teologi dan Sarjana Agama.

Ditambahkannya, Program PPL ini juga diharapkan dapat memperdalam keterampilan terkait dengan ilmu yang didapatkan selama proses perkuliahan dan dari kegiatan ini diharapkan juga boleh memberikan wawasan tapi juga Latihan sehingga dapat diambil manfaatnya kemudian dalam rangka kita memperat hubungan institusi IAKN Manado dengan mitranya yaitu gereja-gereja dimana mahasiswa melaksanakan PPL.

 

Penulis : MCR
Editor : DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

 

X