Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di Sulawesi Utara yang berada dalam naungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia (Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI) sukses menggelar Sidang Terbuka Senat IAKN Manado Wisuda Program Doktor, Magister dan Sarjana Tahun 2021, Kamis (7/10/21) di Aula IAKN Manado.

Sidang Terbuka Senat IAKN Manado kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Sehari sebelum acara, seluruh wisudawan dan pengisi acara harus mengikuti Rapid Tes Antigen untuk memastikan semua yang terlibat dalam acara tidak terpapar covid-19. Selain itu, para wisudawan dipastikan sudah memiliki surat vaksin. Bagi yang mengalami kendala dengan persyaratan mengikuti prosesi wisuda melalui dalam jaringan (daring) menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Dr. Olivia Wuwung, ST., M.Pd (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga) dalam laporannya menyampaikan bahwa wisudawan berjumlah 323 orang yang terdiri dari 5 orang Doktor dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 16 Orang Magister dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 17 Orang Magister dari Program Studi Teologi; 123 orang Sarjana dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 10 orang Sarjana dari Program Studi Pendidikan Musik Gereja; 132 orang Sarjana dari Program Studi Teologi dan 20 orang Sarjana Program Studi Pastoral dan konseling.

Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan kerinduan IAKN Manado untuk melaksanakan wisuda secara luring akhirnya sedikit terjawab pada hari ini. Meskipun masih ada beberapa yang mengikuti secara virtual karena alasan kesehatan, namun sebagian besar dari kita sudah bisa hadir dan bergembira bersama dalam  momentum yang sakral ini.

“Wisuda seyogianya adalah puncak sejarah bagi seluruh mahasiswa setalah menapaki jalan menanjak yang tervisualisasi  dengan peluh, keringat dan air mata dan perjuangan. Maka marilah kita nikmati momen ini.” Ujar Rektor IAKN Manado

Rektor mengungkapkan kebanggaannya atas pelaksanaan wisuda kali ini dan mengucapkan banyak selamat kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil dengan baik menyelesaikan studi di IAKN Manado.

“Dengan penuh kebanggaan pada wisuda kali ini mempersembahkan 323 lulusan terbaik IAKN Manado dari berbagai jenjang dan program studi. Keberhasilan Saudara adalah bukti kerja keras Saudara. Saya yakin, dalam proses penyelesaian studi, Saudara banyak mengalami  tantangan  dan  rintangan.  Untuk  itu, saya menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kegigihan Saudara melewati segala rintangan yang menghadang selama menempuh pendidikan. Kepada orang tua, dan keluarga wisudawan,  saya turut  bersyukur,  berbahagia, dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan mereka.” Tutur Rektor.

Dalam sambutannya, Rektor juga menyampaikan bahwa IAKN Manado telah menghasilkan 13 jurnal ilmiah, yang di antaranya; 1) Tumou Tou Jurnal Ilmiah IAKN Manado;  2) Da’at Jurnal Teologi; 3) Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini; 4) Poimen Jurnal Pastoral Konseling; 5) Christianiki Epirroi Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen; 6) Humanlight Jurnal Psikologi Kristen; 7) Clef Jurnal Musik dan Pendidikan Musik; 8) Psalmoz Jurnal Program Studi Musik Gereja; 9) Didaskalia Jurnal Pendidikan Agama Kristen; 10) Dedicatio Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat; 11) Pute Wata Jurnal Sosiologi Agama; 12) Magenang Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Pascasarjana; 13) Mello Jurnal Mahasiswa.

Rektor juga menjelaskan terkait ketersediaan sarana pendudung kegiatan mahasiswa seperti Labratorium musik, Media Broadcasting Centre, Layanan Psikologi; Pusat Pengembangan Karir; Pusat Pengembangan Bahasa; dan Asrama mahasiswa. Selain itu, Rektor menyebutkan bahwa IAKN Manado menaruh kepekaan terhadap kesejahteraan mahasiswa.

“Pada tahun ini IAKN Manado memberikan beasiswa kepada 1.235 mahasiswa dengan 4 model penyaluran. Yaitu; Bidikmisi (BM) yang berjumlah 177 Mahasiswa; Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) berjumlah 215 Mahasiswa; Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah berjumlah 713 orang dan Program Kita Cinta Papua (KCP berjumlah 130 Mahasiswa).” Jelas Rektor.

Dibagian akhir sambutannya, Rektor mengungkapkan bahwa kemajuan IAKN Manado bukanlah semata-mata  hasil  dari  upaya sivitas akademikanya saja, melainkan juga karena peran besar para alumnusnya. Keberhasilan dan prestasi alumni diyakini menjadikan IAKN Manado sebagai tujuan untuk menimba ilmu bagi masyarakat luas.

“Saudara sebagai alumni merupakan representasi IAKN Manado di masyarakat. Perilaku Saudara di masyarakat akan menjadi cerminan kampus ini. Oleh karena itu, saya berpesan agar Saudara ikut menjaga nama baik almamater dengan  selalu  berpikir,  berkata,  dan berbuat yang baik. Kami mengharapkan Saudara dapat mengamalkan ilmu dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih bertanggungjawab dan berkualitas. Jangan pernah melupakan almamater Saudara, karena bagaimana pun IAKN Manado telah turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas diri Saudara. Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di IAKN Manado, saya  tetap mengharapkan adanya  saran dan kritik konstruktif dari Saudara. Mari kita besarkan IAKN Manado ini  bersama-sama dengan hati dan kerja yang ikhlas. Selamat berjuang dan selamat mengabdikan ilmu yang Saudara miliki bagi masyarakat.” Tutup Rektor IAKN Manado.

Kemudian, Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si diawal sambutannya menyampaikan bahwa IAKN Manado telah sampai pada sebuah momentum penting dalam proses akademik yaitu mewisuda para sarjana, magister dan doktor di tahun 2021.

“Sebagai yang bertanggung jawab untuk membina lembaga – lembaga pendidikan termasuk pendidikan Tinggi yang ada di Indonesia dalam lingkup keKristenan kami ingin menyampaikan selamat kepada seluruh kita civitas akademika IAKN Manado, para wisudawan dan orang tua yang hari ini mendapatkan berkat dari Tuhan yang kita imani dan kita percaya bahwa pelaksanaan prosesi wisuda adalah sebuah prosesi akademik biasa yang dilaksanakan dalam rapat senat terbuka IAKN Manado namun tentu hari ini bukan hari yang sederhana, karena proses akademik itu telah berlangsung lama. Artinya, proses itu telah melahirkan banyak sekali hasil yang telah dicapai oleh kita semua.” Tambah Dirjen Bimas Kristen.

Ucapan terima kasih disampaikan Dirjen kepada seluruh dosen yang telah melaksanakan tugas-tugas akademik secara baik dan telah menghasilkan lulusan pada kesempatan ini. Selain itu, Dirjen juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada orang tua yang sudah mempercayakan IAKN Manado sebagai tempat untuk mendidik dan di didik anak-anaknya. Kemudian, Dirjen juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah bapak Gubernur dan seluruh jajaran yang senantiasa memperhatikan seluruh proses perkembangan IAKN Manado.

“Saya mendapat kesan ini karena saya tahu Pemerintah Daerah Prov. Sulawesi Utara begitu responsif terhadap apa yang ingin dikerjakan oleh IAKN Manado, termasuk terakhir adalah proses transformasi kelembagaan dari IAKN menjadi UKN yang ada di Sulawesi Utara dan saya kira peran pemerintah daerah menjadi sangat penting.”

Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI berharap bagi Rektor dan seluruh jajaran terutama pendidik dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran terus dilakukan, peningkatan kualitas penilitian para dosen menjadi perhatian dan pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan kualitas pada 3 hal yang disebut dengan tridharma perguruan Tinggi harus dibarengi dengan Sumber Daya Manusia (SDM). IAKN Manado sebagai salah satu dari beberapa Institusi yang dipercayakan oleh Ditjen Bimas Kristen untuk menyelenggarakan program Doktor Sandwich artinya mereka akan dididik dan diberi ruang untuk mengembangkan keilmuan diluar dan itu menjadi tanggung jawab IAKN Manado.

“Saya berharap program Doktor Sandwich dapat berjalan dengan baik di bawah kepemimpinan ibu Rektor. Harapan besar bapak Menteri adalah  peningkatan tata kelola dalam bentuk transformasi. Kami berterima kasih kepada Bapak Menteri Agama yang mendorong lembaga-lembaga pendidikan tinggi keagamaan Kristen pada khususnya untuk terus membenahi diri dalam proses peningkatan kualitas tetapi juga peningkatan status kelembagaan yang sementara kita kerjakan untuk IAKN Manado. Kita doakan ini akan menjadi sebuah proses yang cepat dengan kualitas yang kita jaga. selamat kepada para wisudawan dan selamat kepada IAKN Manado untuk semua program dan kegiatan yang dilakukan dalam upaya peningkatan SDM yang ada di Indonesia lebih khusus di Sulawesi Utara.” Tutup Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE yang diwakilkan oleh dr. Jemmy Lampus, M.Kes (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Prov. Sulawesi Utara) menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati atas pencapaian yang diraih hari ini. Tentunya kesuksesan ini membawa semangat antusiasme dan motivasi untuk segera mengaplikasikan imu di tengah-tengah masyrakat.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap komponen IAKN Manado atas konsistensinya sehingga pada hari ini IAKN Manado kembali mampu mempersembahkan insan-insan terdidik yang siap mengukir presteasi dan kontribusi bagi pembangunan bangsa dan daerah” Ungkap Gubernur Sulawesi Utara.

Gubernur berharap dengan bekal yang dimiliki dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, yang bisa berkontribusi bagi kualitas umat serta daerah tercinta.

Sidang Terbuka Senat IAKN Manado Wisuda Program Doktor, Magister dan Sarjana Tahun 2021 dipandu oleh Master of Ceremony (MC) Fienny Langi, M.Hum dan Devis Pinontoan, M.Pd dan turut dimeriahkan oleh Orkestra Mahasiswa dan Paudan Suara IAKN Manado.

Sementara itu, dalam acara ini dilakukan juga penyambutan Doktor baru yakni Pdt. DR. Sugijanti Supit S.Th., M.Pd.K.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan mewakili wisudawan yang disampaikan oleh Dr. Margaretha Feybe Lumanauw, S.Th., MPC dan diakhiri dengan doa yang disampaikan oleh Pdt. Subaedah Luma, M.Th.

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Foto : RKG
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X