Semangat Literasi terus ditingkatkan oleh Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado khususnya Program Studi Musik Gereja (Prodi MG) Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan (FSISK) gelar Bedah Buku dan dialog ‘Buku Adiwarna Suka Hardjana’ secara virtual melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting dan disiarkan langsung di Youtube Channel MBC IAKN Manado, dengan menghadirkan Narasumber Dosen Psikologi Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Prof. Djohan Salim, M.Si yang juga adalah Penlis dan Editor buku ini dan menghadirkan para Pembedah Arhammudin Ali, S.Pd, M.Sn sebagai Alumni Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dan Maria A. Tumimbang, M.Sn sebagai Dosen Musik IAKN Manado pada Selasa (31/08/21).

Kegiatan ini dibuka dengan doa oleh Wakil Dekan II FSISK Markus Wibowo, S.Th., M.Sn dan dibuka secara resmi oleh Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd yang diwakilkan oleh Wakil Rektor (Warek) III Alrik Lapian, S.Th., M.Sn.

Warek III mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat terutama para akademisi musik, bedah buku ini juga merupakan suatu kegiatan yang menambah wawasan terutama semangat literasi khususnya para musikus di dunia akademik.

Kegiatan yang dipandu oleh Ananda Korinus (Ketua HIMAPRO Musik Gereja) dan dimoderatori oleh Riandly Saliareng berjalan sangat santai tapi serius.

Prof. Djohan mengatakan dalam buku ini mengisahkan seorang Musisi dan Akademisi musik yang multi disiplin yaitu Pak Suka Hardjana, yang peka melihat fenomena dan masalah yang terjadi dalam industri musik di Indonesia. Buku ini adalah buku bunga rampai atau ditulis oleh beberapa orang yang menulis topik yang sama tetapi dari sudut pandang yang berbeda-beda untuk mengenang kepergian 1000 hari nya pak suka. Dalam buku ini juga pak suka mengingatkan kita sebagai pembaca untuk terus meningkatkan Maca (Baca), Aksara (Tulisan), dan Wicara (Bicara).

Pembedah I Arhammudin Ali, S. Pd, M. Sn membedah mengenai Dedikasi Musikus Otentik yang ditulis oleh Prof. Djohan, Kemerdekaan Guru Musik oleh Herry Budiawan, Menakar Ekosistem Musik oleh Henry Yuda Oktadus dan Berpikir Musikus oleh A. Ferdiansyah Anwar.

Pembedah II Maria A. Tumimbang, M.Sn membedah Sosok Musikal ‘Multi Lingual’ yang ditulis oleh Ovan Bagus Djatmika, Musikus dan Musikalitas: Antara Utopia dan Realita oleh Asep Hidayat Wirayuda, Arah Penciptaan Musik Indonesia oleh Aldy Maulana dan Sahabat Suka Hardjana.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para penulis lainnya yakni Ovan Bagus Djatmika, Hery Budiawan, Aldy Maulana, Henry Yuda Oktadus dan A. Ferdiansyah.

Diakhir acara narasumber memberikan pesan “Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan mahasiswa IAKN bisa membedah buku yang ditulis oleh dosen-dosen IAKN Manado” Ujar Prof. Djohan.

Kegiatan ini dapat dilihat selengkapnya melalui Channel Youtube MBC IAKN Manado https://www.youtube.com/watch?v=Y9ZJJ11YQQk

Penulis : Ananda Korinus
Editor : DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X