Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado melaksanakan ibadah awal minggu yang dirangkaikan dengan pembukaan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 dan berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting serta dipancarkan melalui Youtube Channel Media anda Broadcasting Center IAKN Manado, Senin (23/08/21). Ibadah dipimpin oleh Pdt. Dr. Nico Gara, MA dan mengambil pembacaan Alkitab dalam Markus 4:35-41 dengan tema “Iman, Ketakutan dan Pembelajaran”.

Setelah ibadah dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan kegiatan akademik di IAKN Manado yang disampaikan oleh Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan).

Dalam laporannya, Wakil Rektor menyampaikan bahwa secara keseluruhan untuk proses pembelajaran di semester genap tahun akademik 2020/2021 sudah selesai dan untuk evaluasi pelaksanaannya akan dilakukan monitoring serta evaluasi melalui gugus tugas kendali mutu di Fakultas yang di koordinir dan akan ada audit mutu oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Wakil Rektor juga mengatakan untuk proses penerimaan mahasiswa baru strata 1 (satu) sudah selesai dilaksanakan. Penerimaan dilakukan melalui seleksi nasional jalur undangan, jalur portofolio, jalur tes tertulis, seleksi jalur mandiri pertama, jalur mandiri kedua dan jalur kita cinta papua. Jadi, secara keseluruhan untuk jumlah mahasiswa baru yang bergabung di IAKN Manado yakni sebanyak 696 orang.

“Tanggal 17-20 Agustus 2021 sudah diselenggerakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) yang diikuti oleh 567 mahasiswa baru.” Tambah Wakil Rektor.

Dibagian akhir laporannya, Wakil Rektor mengatakan kegiatan akademik semester ganjil tahun 2021/2022 sesuai kalender akademik dimulai hari ini tanggal 23 Agustus 2021 dan sesuai kalender akademik sudah memasuki masa registrasi pembayaran UKT dan pengisian KRS pada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) IAKN Manado yang baru.

Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan apresiasi Gubernur Sulawesi Utara atas segala upaya IAKN Manado meskipun di masa pandemi covid-19 tetapi tidak berhenti untuk berkarya, melakukan inovasi, berbagai pengembangan dan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, Rektor menyebutkan kembali bahwa pemerintah provinsi Sulawesi Utara tidak akan meninggalkan IAKN Manado bahkan berjalan sendiri.

Rektor juga mengapresiasi video dan lagu yang direkam oleh mahasiswa baru dengan judul “Welcome to Kampus IAKN Manado”. Salah satu mahasiswa baru dari Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (PKAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) bernama Gloria Monika Hoke memberanikan diri menerima challenge dari Rektor untuk menyanyikan lagu yang sudah mereka buat saat PK2MB tersebut dan kembali mendapatkan pujian dari Rektor.

“Jika anda menyanyi secara langsung di aula saat ini, pasti saya akan langsung memberikan anda hadiah.” Tutur Rektor dengan penuh kebahagiaan.

Rektor juga mengingatkan mahasiswa baru bahwa saat ini masih di masa pandemi covid-19  yang mengharuskan untuk tetap taat protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah dengan menerapkan 6M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Memanjatkan doa).

“Terus kembangkan kemampuan anda. harus punya keberanian untuk menghadapi gelombang kehidupan di kampus ini. Sebagaimana semangat anda ketika anda masuk, saya berharap semangat itu terus berkobar saat anda berproses sampai pada akhirnya anda bisa selesai. Anda harus menjadi contoh dan teladan. Selamat berproses.” Harap Rektor.

Dibagian akhir sambutan, Rektor mengucapkan selamat datang dan menyambut dengan senang hati serta rasa bangga kepada seluruh mahasiswa baru di IAKN Manado sekaligus membuka secara resmi kegiatan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2021/2022 IAKN Manado.

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X