Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Kristen (MPK) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado terus berpacu dalam rangka pengembangan Prodi MPK, hal tersebut dikatakan oleh Sekretaris Prodi MPK Marsel J. Tumbelaka, S.Th., M.Pd di ruangan Prodi MPK Lantai 3 (tiga) Gedung Kuliah Terpadu, Senin (24/05/2021).

Sekprodi MPK mengatakan kepada Media Broadcasting Center (MBC) melalui UKM Multimedia Divisi Pemberitaan IAKN Manado, Prodi MPK adalah Prodi satu-satunya dan pertama di Perguruan Tinggi Keagamaan yang ada di Kawasan Timur Indonesia. Juga merupakan pengembangan keilmuan dari Pendidikan Agama Kristen (PAK). Namun dalam Prodi MPK ada sedikit keunikan di mana lulusan-lulusan yang ada mereka mampu menerapkan Ilmu Manajemen dan Ilmu Pendidikan Kristen.

“Para lulusan tidak hanya menjadi cendikiawan di bidang Ilmu PAK tapi juga mereka memiliki ketrampilan dalam bidang Manejemen menghimpuni profesi-profesi yang berkaitan dengan keilmuan.” Ujar Mner Marsel sapaan akrab Mahasiswa.

Dalam proses pengembangan, Prodi MPK sendiri terus berbenah untuk memberikan yang terbaik bagi para Mahasiswa.

“Jadi kita selalu ada pembenahan dari waktu ke waktu apa lagi sekarang sedang melakukan proses Akreditasi.” Jelas Mner Marsel.

Ia menambahkan keunggulan-keunggulan dalam Prodi MPK yaitu profil lulusan ke depannya juga lebih luas kalau PAK umumnya terfokus menjadi tenaga Pendidik atau Guru kalau MPK tidak hanya menjadi tenaga Pendidik tetapi mereka juga bisa berprofesi mengembangkan kurikulum, menjadi konsultan dalam Pendidikan, menjadi pengawas. Meskipun standar pengawas harus S2 tetapi itu sebenarnya menjadi jalan untuk pendidikan. Dalam rencana tahun depan akan ada pascasrjana untuk MPK berkaitan dengan bidang-bidang yang memerlukan keterampilan manejerial yang baik.

Kemudian Mner Marsel juga menjelaskan mengenai persiapan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), proses penerimaannya sudah tersistem melalui Seleksi Nasional (Selnas) PMB Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) 2021/2022.

Adapun harapan kedepan dari Prodi MPK ini bisa berkembang dan makin maju tidak hanya dari segi Sumber Daya Fasilitas tapi juga Sumber Daya Manusia meningkat dan dosen-dosennya semakin baik kemudian mahasiswa-mahasiswa juga atau lulusan dari Prodi MPK ini mereka juga menjadi lulusan yang memiliki dampak bagi Masyarakat, Pemerintah, Gereja karena ini kita berada di kawasan Keilmuan Kristen tentunya paling utama kita dapat menjadi Almuni yang berperanan penting dalam kehidupan Gereja kemudian Masyarakat dan Pemerintahan melalui ilmu yang sudah mereka dapat.

“Pembinaan karakter tidak hanya sekedar pintar dan cerdas dalam segi pengetahuan tetapi mereka juga memiliki karakter yang baik apa lagi visi dari Prodi MPK adalah menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan berbasis keilmuan dan riset berperadaban Indonesia.” Tutup Sekprodi.

Penulis : Chezia Kaunang (Mahasiswa Prodi MPK)
Peliputan Berita : Pilipus Wakdomi, Chezia Kaunang (UKM Multimedia)
Editor : MCR
Sumber Foto dan Berita : MBC IAKN Manado

X