Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Kualitas Akademik, Tujuh Dosen IAKN Manado Mengikuti Program Persiapan Studi Lanjut S3 Luar Negeri

Dalam upaya peningkatan kompetensi dosen dan pengembangan kualitas akademik, tujuh dosen IAKN Manado menjalani masa persiapan studi lanjut doctoral luar negeri. Persiapan studi lanjut tersebut terbagi atas tiga program yang berbeda, yaitu Language Academic Preparation Program (LAPP), Pre-Departure Training (PDT), dan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) dan pelaksanaannya tersebar di beberapa kota di Indonesia.

LAPP ialah program persiapan studi yang mecakup persiapan akademik dan bahasa bagi para awardee Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB). Dosen IAKN Manado yang sedang mengikuti program ini ialah Krueger K. Tumiwa, M.Si, Teol di PTP UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selesai mengikuti program, Krueger akan melanjutkan studi di Trinity College Dublin, Irlandia.

Hampir mirip dengan LAPP, PDT ialah program persiapan untuk awardee Australia Award Scholarship (AAS). Setelah dinyatakan lolos seleksi AAS, Lidya Kandowangko, MA kini tengah mengikuti pelatihan di pulau dewata Bali. Lidya sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi di Australia National University.

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) adalah Beasiswa LPDP kerjasama Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama.

Berbeda dengan dua program sebelumnya, PPSL ditujukan kepada mereka yang belum mendapatkan beasiswa dan perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris (IELTS). Walaupun tujuan utama ialah peningkatan score IELTS, namun program ini juga diselingi dengan materi-materi lain yang juga tidak kalah penting, misalnya penulisan proposal penelitian, strategi menerbitkan artikel di jurnal SCOPUS dan lain sebagainya. Adapun dosen yang sedang mengikuti program ini ialah:

  1. Berdinata Massang, M.Pd di PTP UIN Raden Intan Lampung
  2. Hotliong Verawaty, M.Pd.K di PTP UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  3. Leidi A. Lontaan, M.Si, Teol di PTP UIN Alauddin Makassar
  4. Jamer P. Andalangi, M.Th di PTP UIN Alauddin Makassar
  5. Ryanto Adilang, M.Th di PTP UIN Walisongo Semarang.*RA

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by