Pengabdian Kepada Masyarakat: UKM Nyong Noni IAKN Manado Gelar Seminar, Penanaman dan Eksplorasi Wisata Mangrove di Desa Darunu Kab. Minahasa Utara

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Nyong Noni Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Desa Darunu, Kabupaten Minahasa Utara. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 25-26 November 2023.

Agenda Pengabdian kepada Masyarakat diawali dengan pemaparan materi dari Mutiara Rumbino dan Cilthy Sondakh, mahasiswa Program Studi Misiologi dan Komunikasi Kristen pada Fakultas Teologi.

Kemudian, Nyong Noni melanjutkan kegiatan penanaman mangrove dan eksplorasi wisata mangrove Desa Darunu.

Hukumtua Desa Darunu, Rudy Beejee Jacobus, S.Pd menyampaikan bahwa wisata mangrove Desa Darunu diawali dari Visi Misinya sebagai Hukum tua.

“Visi dan misi saya berlanjut pada pencanangan Desa Wisata tanggal 5 Februari 2023 dilanjutkan penerimaan SK Desa Wisata oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara, dikeluarkan pada 5 Juni 2023. Kemudian pengoperasian Wisata Mangrove Desa Darunu yang dimulai bulan September 2023 dan sampai sekarang Puji Tuhan masih terlaksana dengan baik.” Tutur Hukum tua.

Hukumtua mengapresiasi kehadiran UKM Nyong Noni IAKN Manado dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Darunu.

“Mewakili masyarakat Desa Darunu memberikan apresiasi setinggi-tingginya karena telah melaksanakan PkM yang sangat-sangat berdampak positif bagi pengembangan Desa wisata Darunu, lebih khusus dalam pemberdayaan kepada masyarakat untuk lebih memahami betapa pentingnya membangun ekonomi lewat Desa wisata mangrove, Desa Darunu.” Ujar Hukum tua.

Hukum tua berharap kedepan Desa wisata ini lebih maju, karena bukan seberapa cepatnya perkembangan Desa wisata ini terjadi tetapi seberapa lama bertahannya Desa wisata ini demi kepentingan membangkitkan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa.

Jurian Pasinggi sebagai Ketua UKM Nyong Noni menjelaskan bahwa setelah terpilih ini adalah agenda pertama dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu PkM.

“Ini adalah pengalaman pertama kami dalam pengabdian kami sebagai duta kampus IAKN Manado.” Ucap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK).

Nyong IAKN Manado 2023 juga menjelaskan ada beberapa agenda yang dilaksanakan dan berharap melalui kegiatan PkM ini dapat memberi kontribusi positif dalam pengembangan Wisata Mangrove dan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Darunu.

Malamnya Nyong-Noni melanjutkan agenda PkM dengan Ibadah Oikumene bersama Pemuda Remaja Desa Darunu di GMIM Moria Darunu. Ibadah dipimpin oleh Angelbest Samalagi, M.Pd

Kegiatan PkM terus berlanjut di hari kedua dengan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan di sepanjang ruas jalan Desa. Nyong Noni bersama para pemuda mengangkat sampah plastik mulai dari masuk area Desa sampai lokasi wisatanya.

Diketahui, kegiatan PkM UKM Nyong Noni IAKN Manado diakhiri dengan ibadah minggu bersama Jemaat GMIM Desa Darunu.

Tampak hadir bersama dalam Pengabdian kepada Masyarakat UKM Nyong Noni IAKN Manado, Devis Oktavianus Pinontoan, M.Pd.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by