Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado melaksanakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam rangkaian Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2 (Dua) Molompar Kabupaten Mitra, Senin (12/07/21).

Dalam kegiatan ini, Dr. Semuel Selanno, M.Th (Wakil Direktur Pascasarjana IAKN Manado) memberikan penguatan terkait konten Kurikulum PAK pada guru-guru PAK SMP dan SMA/SMK dan menyampaikan kehadiran Pascasarjana IAKN Manado di Sulawesi Utara yang didalamnya memperkenalkan Profil Program Studi, Tenaga Pengajar dan kualitas lulusan.

Direktur Pascasarjana IAKN Manado, Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd berharap para guru PAK se-Kabupaten Mitra dapat meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademik dari Strata 1 (S1) ke Strata 2 (S2) ataupun dari Strata 2 (S2) ke Strata 3 (S3). Begitu juga, menurutnya pejabat struktural dan fungsional khusus yang membidangi pembimas diarahkan untuk dapat meningkatkan kualifikasi akademik.

Ditambahkan Direktur, hal ini juga memberi dampak positif bagi para Penyuluh Agama Kristen yang akan meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademiknya. Hal ini merupakan suatu kebutuhan, karena kecepatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang sangat signifikan sehingga dunia pendidikan memiliki posisi strategik untuk menanamkan nilai-nilai spiritualitas di tengah perubahan zaman.

Dijelaskan Direktur terkait Kemenag Mitra, pelaksanaan sosialisasi Pascasarjana IAKN Manado merupakan upaya atau langkah awal untuk persiapan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) agar supaya  kolaboratif kegiatan seperti ini akan terprogram secara berkala baik penelitian bersama, pendidikan maupun pengabdian kepada masyarakat sehingga mandat tri dharma perguruan tinggi dapat diejawantahkan.

“Sehingga sinergitas lembaga pendidikan lebih khusus Pascasarjana IAKN Manado dan lembaga lainnya dapat memajukan pendidikan Kristiani, Moderasi Beragama, menanamkan nilai-nilai agamais dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga memiliki rasa cinta tanah air”, Jelas Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd.

Direktur juga menyampaikan mimpi ke Cyber Christian University sudah dipersiapkan lebih awal, Pascasarjana IAKN Manado  sementara berupaya merancang Jurnal Internasional.

Upaya lainnya menurut Direktur, untuk tahun akademik yang baru akan digarap Himpunan Mahasiswa Pascasarjana IAKN Manado sehingga kedepan akan ada program-program strategik juga kinerja yang menyentuh kehidupan sosial terkait tri dharma perguruan tinggi, karena kehadiran kampus ke masyarakat suatu keharusan.

Turut hadir dalam sosialisasi Anthonino Ch. W. Sangkaeng, S.Th., M.Hum., M.M. (Sekprodi S2 Teologi IAKN Manado), Kepala Seksi Pendidikan Kristen, Pdt. Wellem Pondaag, M. Th dan Koordinator Pengawas PAK Kemenag Mitra, Pdt. Meike Rondo, S.Th., M.Pd. juga merupakan Mahasiswa Pascasarjana S3 Program Studi PAK IAKN Manado.

Diketahui, Pascasarjana IAKN Manado memiliki 3 (Tiga) Program Studi (Prodi) di antaranya Prodi S2 PAK, Prodi S2 Teologi dan Prodi S3 PAK.

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X