Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) lakukan kunjungan kerja reses Masa Sidang I tahun Sidang 2021-2022 bersama Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) di Aula Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Sulawesi Utara, Jumat (08/10/21). Kunjungan kerja ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dengan mengusung tema “Perkembangan Pengelolaan Pendidikan di IAKN Manado”.

Terkait kunjungan kerja ini, Ketua tim Kunker Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang (F-PKB) menyampaikan bahwa IAKN Manado menjadi kampus kebanggan bersama khususnya bagi Kota Tinutuan.

“Kami punya tugas, mengawasi pemerintahan. Hari ini kunjungan ke IAKN Manado. Kami ke sini ingin belanja masalah saja. Masalah Ibu Rektor apa, agar kami selesaikan. Komisi VIII ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa kami tidak hanya mengurusi agama Islam, tapi semua agama-agama di Indonesia.” Ujar Marwan Dasopang.

Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama juga menyalurkan bantuan bagi IAKN Manado berupa 5000 masker yang bersumber dari BNPB dan bidik misi untuk Program KIP Kuliah senilai Rp 10 miliar yang sudah terealisasikan. Penyerahan bantuan disaksikan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si dan rombongan Komisi VIII DPR RI.

Dirjen Bimas Kristen mengucapkan terima kasih atas dukungan Komisi VIII DPR RI terhadap pengembangan Pendidikan Kristen.

“Sinergitas membangun pendidikan terus kita bina. Demi generasi muda bangsa yang handal pada bidangnya masing-masing dan memiliki pengetahuan yang baik,” Ujar Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si.

Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane M Tulung, S.Th., M.Pd menyampaikan bahwa seluruh civitas akademika IAKN Manado merasa senang dan mendapat kehormatan atas kunjungan Komisi VIII DPR RI.

“Kami bangga dan bahagia. Selamat datang di IAKN Manado, dan ini pertama kali komisi VIII Reses di IAKN Manado,” kata Jeane M Tulung.

Rektor juga memaparkan kondisi IAKN Manado terkait pembelajaran di masa pandemi covid-19, program jangka pendek dan jangka panjang, permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan proses transformasi IAKN Manado ke UKN Minahasa serta rencana pembangunan Gedung Moderasi Beragama.

Hadir juga anggota komisi VIII DPR RI lainnya seperti, Iskan Qolba Lubis (PKS), Selly Andriany Gantina (PDI-P), Matindas, J Rumambi (PDI-P), John Kenedy Azis (Golkar), Delmeria (Nasdem), MF Nurhuda Y (PKB), Wastam (Demokrat), KH Bukhori (PKS), dan beberap perwakilan dari Sekretariat Komisi VIII DPR RI.

Sementara itu, ikut hadir dari IAKN Manado seluruh wakil rektor, para dekan, para pimpinan  lainnya, seluruh dosen dan tenaga kependidikan IAKN Manado.

Sumber Informasi : https://kemenag.go.id/read/kemenag-komisi-viii-dpr-ri-sinergi-bangun-pendidikan-kristen
Editor : DOP
Sumber Foto : RKG
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X