Bertempat di Kantor Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado jalin kerjasama melalui penandatanganan Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam rangka pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, Kamis (01/07/2021).

Bupati Minut Joune Ganda, SE dalam sambutannya menyampaikan kerjasama ini adalah wujud dari sinergitas pemerintah daerah bersama lembaga pendidikan tinggi dalam upaya mengembangkan sumber daya di Kabupaten Minahasa Utara.
“Hal ini sangat penting dalam upaya membangun sumber daya yang memiliki makna strategis bagi pembangunan daerah jangka panjang.” Jelas Bupati Minut.

Kemudian Rektor IAKN Manado Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd mengatakan kerjasama ini meliputi pengembangan sumber daya manusia, penelitian dalam pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta pengabdian kepada masyarakat yang meliputi pemberdayaan masyarakat dalam penerapan ilmu pengetahuan di tengah-tengah masyarakat khususnya di wilayah pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara.

Rektor juga menambahkan tindak lanjut dari penandatanganan ini adalah akan dimulainya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara kolaborasi antara IAKN Manado, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang akan dilaksanakan di Kabupaten Minahasa Utara. Selain itu, berbagai kegiatan akan dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara untuk menjawab Program Gerakan Revolusi Mental dari Pemerintah Daerah (Pemda) Minut dan Moderasi Beragama sebagai salah satu program unggulan Kementerian Agama.

Diketahui dalam kegiatan ini ada 3 (tiga) Perguruan Tinggi yang melaksanakan penandatangan MoU yakni Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya, Institut Agama Islam Negeri Manado dan IAKN Manado yang kedepannya akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara di seluruh wilayah Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara.

Turut hadir mendampingi Rektor, Wakil Rektor (Warek) II Dr. F.B Arthur Gerung, M.Th., Warek III Alrik Lapian, S.Th., M.Sn., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dr. Meily M. Wagiu, M.Th., Kepala Pusat Kerjasama Mercy Waney, S.Th., M.PAK., Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Margarith Loho, M.Th., Kasubbag LP2M Deystrina S.F. Supit, ST., M.MSIP dan Bidang Humas IAKN Manado Judhie Nusa, S.T.

Penulis : MCR
Editor : DOP
Sumber Foto : RKG dan MCR
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X