IAKN Manado Masuk Peringkat Website Internasional “Webometrics”

[et_pb_section fb_built=”1″ admin_label=”Section” _builder_version=”4.5.1″ _module_preset=”default”][et_pb_row column_structure=”1_2,1_2″ _builder_version=”4.5.1″ _module_preset=”default” collapsed=”off”][et_pb_column type=”1_2″ _builder_version=”4.5.1″ _module_preset=”default”][/et_pb_column][et_pb_column type=”1_2″ _builder_version=”4.5.1″ _module_preset=”default”][et_pb_accordion _builder_version=”4.5.1″ _module_preset=”default” width=”100%” width_tablet=”” width_phone=”42%” width_last_edited=”on|phone” custom_margin=”|-224px||-158px||” custom_margin_tablet=”” custom_margin_phone=”-51px|-6px||74px|false|false” custom_margin_last_edited=”on|phone” hover_enabled=”0″][et_pb_accordion_item title=”IAKN Manado Masuk Pemeringkatan Website Internasional “Webometrics”” open=”on” title_tablet=”” title_phone=”IAKN Manado Masuk Pemeringkatan Website Internasional “Webometrics”” title_last_edited=”on|phone” _builder_version=”4.5.1″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″]

Webometrics, beberapa tahun belakangan ini ramai dibicarakan di kalangan akademisi. Webometrics adalah sebuah pemeringkatan web universitas di dunia. Kehadirannya di beberapa kalangan di Indonesia banyak disalahartikan sebagai peringkat universitas di dunia.

The “Webometrics Ranking of World Universities” adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah. Motivasi dasar dari Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website sebagai media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri.

Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol ini  telah merilis peringkat website universitas terbaik di seluruh dunia. Termasuk Indonesia bahkan Sulawesi Utara (Sulut), pada pertengahan 2020 ini Webometrics mengumumkan kampus-kampus mana saja yang masuk dalam pemeringkatan website terbaik.

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di Sulawesi Utara masuk dalam pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020 dan mendapat peringkat 3.084 se-Asia Tenggara dan peringkat 28.099 di dunia.

Dalam pemeringkatan ini, Webometrics menilai ada empat parameter yakni: Presence, Impact, Openness dan Excellence. Pemeringkatan ini menilai tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi se-dunia.

Di usia ke-13 tahun dan masih terbilang muda IAKN Manado sudah menorehkan prestasi sampai ke ajang International. Maka prestasi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadi penyemangat bagi civitas akademika IAKN Manado untuk semakin giat dalam berkarya di era digital saat ini.

Penulis: DOP
Editor: JJL
Foto: MBC IAKN Manado & Screen Capture
Sumber: MBC IAKN Manado
https://sulutbicara.com/2020/07/31/ptn-terbaik-di-sulut-versi-webometrics-2020-unsrat-pertama-iakn-manado-paling-bawah/
https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/34/Motivasi-dan-Filosofi-Webometrics-Ranking—bukan-Pemeringkatan-Universitas-di-Dunia.html

[/et_pb_accordion_item][/et_pb_accordion][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *