Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bersama Universitas Islam Negeri (UIN) Malang serta Universitas Kristen Petra menggelar Webinar bertajuk Knowledge Sharing Series (KSS) bagian ke-4 dengan tema Librarian With International Experience melalui aplikasi Zoom Meeting, Kamis (30/09/21).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars FPPTI, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd. “Kami dari IAKN Manado sangat bersyukur dan menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Apalagi kami dari IAKN Manado menjadi host untuk acara ini.” Ujar Rektor.

Rektor juga mengapresiasi pelaksanaan webinar karena merupakan kegiatan yang sarat makna dalam rangka peningkatan kemampuan dan pengalaman bagi para pustakawan. Selain itu, menguntungkan dan memberi manfaat bagi IAKN Manado yang masih berkembang serta membutuhkan banyak pengalaman dalam pengelolaan perpustakaan.

“Kami masih sangat ingin sekali mencari pengalaman dan informasi yang penting terkait perpustakaan, kegiatan kolaborasi ini sangat membantu. Saya juga senang karena dengan adanya kegiatan kolaboratif dengan FPPTI membawa saya mempunyai teman yang baru bersama kawan-kawan dari IAKN Manado.” Tutur Rektor.

Rektor berharap kolaborasi IAKN Manado dan FPPTI bersama UIN Maulana Malik Malang dan UK Petra Surabaya dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan kepada para pengelola kepustakaan serta memberikan sumbangsih pemikiran bagi para dosen dan tenaga kependidikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian keynote speaker, Mariyah S.Sos., M.Hum yang adalah ketua umum FPPTI. “Kemarin kami baru saja melantik ketua FPPTI wilayah Sulawesi Utara, bapak Sony. Mudah-mudahan beliau dapat berkiprah lebih banyak sebagai perpanjangan tangan dari FPPTI Pusat.” Ujar Keynote Speaker.

Mariyah juga menambahkan bahwa pustakawan ada sertifikasinya, sebagai ukuran bahwa pustakawan tersebut sudah berkompeten dan profesional. Sehingga instansi yang akan mempekerjakan mereka tidak perlu lagi meragukan kemampuannya dalam pengelolaan perpustakaan.


Kemudian diikuti dengan materi pertama dengan narasumber Aditya Nugraha, Ph.D dari Universitas Kristen Petra Surabaya dengan topik International Experience as A Librarian.

Materi yang ke dua adalah “Menjadi Pustakawan Berpengalaman Internasional: Praktik-Praktik Terbaik dan Tips/Trik”, yang disampaikan oleh Ari Zuntriana, S.Sos., M.A.

Webinar diikuti oleh para pustakawan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan para dosen serta tenaga kependidikan IAKN Manado.

Diketahui, FPPTI Knowledge Sharing Series (KSS)-III memiliki beberapa sesi di antaranya;
1. Leadership Strategies for Driving Organisational Change and Preparing for the Future
2. The Skills to Face Workplace Challenges: Having Difficult Conversations, Leading Teams, and Dealing with Complexity
3. Advance Services for Libararian: Penerapan Literasi Berbasis Tingkatan Intervensi Terpandu Kuhlthau
4. Librarian Experience in International Librarian Arena: Tips and Tricks
5. Digital Skills: Layanan Perpustakaan yang Inovatif dan Kreatif Menggunakan Media Sosial
6. Pustakawan Menulis: Strategi Tembus Jurnal Bereputasi Nasional, Internasional dan Media Massa
7. Prospek pengembangan dan advokasi Jaringan Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia.

Penulis : Aiko Waturandang
Editor : DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X