Program Studi (Prodi) Psikologi Kristen (PK) Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan (FSISK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado untuk pertama kalinya menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) terintegrasi dengan Mata Kuliah (MK) Semester 4 (Empat) yaitu Kesehatan Mental dan Patologi Rehabilitasi Sosial pada Pemuda dan Remaja di Jemaat GMIM Zaitun Taas Kota Manado, Sabtu (02/07/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan bersama Dosen Pendamping Lingkan Mandas M.Psi yang juga seorang Psikolog dengan mengangkat tema tentang “Kesehatan Mental Sama Pentingnya Dengan Kesehatan Fisik”. Sementara, pelaksanaannya digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain memenuhi tugas MK, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan dan mengarahkan perihal pentingnya menjaga kesehatan mental serta memberikan pendampingan Psikologis kepada masyarakat khususnya generasi muda di era digital.

Pelaksanaan PkM terintegrasi dengan MK oleh Dosen Pendamping yang akrab disapa ma’am Lingkan menyampaikan bahwa para mahasiswa ini sudah mampu untuk menjadi pemateri dan menguasai situasi selama di lokasi.

Yolanda Wahani Mahasiswa PK Semester 4 selaku pembawa materi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan pengalaman baru yang sangat berkesan.

“Bukan hanya memberikan materi perihal kesehatan mental, tapi disesi terakhir kita membagi beberapa kelompok untuk melakukan pendampingan Psikologis terhadap Pemuda Remaja bersama Mahasisswa Psikologi semester 4 yang mana Pemuda Remaja memilih sendiri siapa yang mereka inginkan dalam pendampingan psikologis dengan durasi selama 20 menit.” Jelas Yolanda Wahani.

Adapun harapan dari Yolanda sebagai pemateri berharap melalui kegiatan ini, Pemuda dan Remaja Jemaat GMIMbisa lebih menyadari pentingnya menjaga Kesehatan Mental sama seperti Menjaga Kesehatan Fisik, terutama dalam Mengelola Dan Meningkatkan Kecerdasan Emosi.

Salah satu Pemuda yang mengikuti kegiatan ini ketika diwawancarai oleh Divisi Pemberitaan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Multimedia IAKN Manado menyampaikan terima kasih banyak sudah berkunjung ke jemaat dan memberikan pembelajaran kedepan bagaimana melangkah dalam ketenangan dan perasaan damai di tengah pergaulan bebas yang mampu merusak masa depan.

“materinya hebat dan keren, mudah dimengerti trus gampang mo diingat. semoga boleh datang ulang kong bawa materi yang menarik ley” Ujar Seorang Pemuda GMIM Zaitun Taas yang tidak ingin namanya disebutkan.

Saat dikonfirmasi Media and Broadcasting Center (MBC) IAKN Manado, Ketua Program Studi (Kaprodi) Psikologi Kristen, Shanti Ruata, M.Si membenarkan bahwa Prodi Psikologi Kristen FSISK IAKN Manado melaksanakan PkM tetapi tidak seperti biasanya. Ini merupakan kegiatan PkM pertama yang diintegrasikan dengan MK di semester genap.

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami karena kegiatan PkM yang dintegrasikan dengan MK menunjukkan bahwa kurikulum yang ada di Prodi Psikologi Kristen IAKN Manado menjawab kebutuhan, diterima masyarakat dan jemaat khususnya secara psikologis sehingga jurusan psikologi saat ini masih memiliki minat dan daya tarik yang besar untuk calon mahasiswa baru yang mau belajar psikologi.” Jelas Kaprodi dengan menaruh harapan.

Diketahui, Mahasiswa yang berjumlah 14 (Empat Belas) orang yang turun lapangan langsung dan 4 (empat) orang lewat  Zoom Meeting dan 1 (satu) Dosen Pendamping.

Penulis : Chezia Kaunang (Divisi Pemberitaan UKM Multimedia IAKN Manado)
Editor : DOP
Sumber Foto : Mahasiswa Prodi Psikologi Kristen
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X