Gunakan Metode “Blended Learning” Mahasiswa IAKN Manado Akhiri KKNT dengan Pagelaran Seni Budaya Minahasa

Dalam rangka malam perpisahan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Tahun 2021 Desa Kali Kecamatan Pineleng atas nama Nikita Lasut dan Victor Pieters dengan Dosen Pembimbing yaitu Febri Kurnia Manoppo, M.Pd.K yang juga Ketua Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (PKAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) IAKN Manado menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya Minahasa dengan Metode Blended Learning di Balai Desa Kali, Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa, Senin (08/03/21). Dalam kegiatan tersebut tim mahasiswa KKNT bersama para dosen IAKN Manado termasuk Markus Wibowo, S.Th., M.Sn (Ketua Program Studi Musik Gereja Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan) juga hadir untuk bermain musik serta mendampingi untuk mengoperasikan video Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru IAKN Manado 2021/2022.

Tim dari IAKN Manado ini berkolaborasi dengan Estetika Art Dance yang dipimpin oleh Bung Rocky Sambuari mempersembahkan beberapa pertunjukan seni dan budaya daerah Minahasa serta Indonesia seperti: Tarian Kabasaran, Lagu-lagu daerah (Esa Mokan genangku, si patokaan, Oh Minahasa) lagu-lagu rohani serta lagu-lagu nasional lainnya.

Kegiatan pagelaran seni dan budaya daerah oleh mahasiswa KKNT IAKN Manado ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan daerah Minahasa  yang dikenal kaya akan kesenian dan kebudayaan lokal yang sarat dengan nilai-nilai edukatif bagi generasi muda. Kegiatan pagelaran seni & budaya Minahasa ini  dilaksanakan di balai desa Kali dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19. Pagelaran tersebut disiarkan secara live melalui Facebook serta Zoom Cloud Meeting agar dapat menjangkau masyarakat luas yang tak dapat secara langsung menyaksikan kegiatan tersebut di balai desa karena situasi pandemi Covid-19.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Febri Kurnia Manoppo, M.Pd.K dalam sambutannya mengungkapkan mengenai pentingnya generasi muda Minahasa khususnya di Desa Kali untuk melestarikan budaya daerah sebagai cerminan jati diri bangsa Indonesia yang tidak boleh lekang oleh zaman.

Menurutnya, perpaduan seni dan budaya tradisional maupun modern yang telah ditampilkan menunjukkan bahwa generasi muda Minahasa memiliki segudang talenta serta potensi yang harus terus digalu dan dikembangkan untuk memajukan negeri ini. Setiap generasi muda perlu untuk terus produktif dalam berkarya meskipun diperhadapkan dengan tantangan globalisasi serta situasi pandemi covid-19.

Dibagian akhir sambutannya, DPL menyampaikan bahwa pagelaran seni dan budaya lokal Minahasa yang sarat dengan nilai-nilai religius dan edukatif ini merupakan persembahan para mahasiswa KKNT serta lembaga IAKN Manado bagi pemerintah serta masyarakat Desa Kali.

Hukum Tua Desa Kali, Johanis Parengkuan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih serta kebanggaan terhadap Rektor IAKN Manado: Pdt. Dr. Jeane Marie Tulung, S. Th., M. Pd  yang boleh memberikan kepercayaan bagi Desa Kali sebagai tempat pelaksanaan KKNT pada tahun 2021 ini.

Hukum Tua juga menyampaikan rasa bangga bagi para mahasiswa KKNT IAKN Manado serta DPL yang telah banyak membantu pemerintah desa serta masyarakat dalam mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan penyebaran covid-19 selama kurang lebih satu bulan. Program kerja yang telah dilaksanakan bersama masyarakat khususnya generasi muda di desa Kali juga sarat dengan nilai pendidikan serta nilai religius yang bermanfaat bagi pembentukkan karakter pemuda dan remaja.

Hukum Tua Desa Kali juga menaruh harapan besar agar ke depannya ada generasi muda Desa Kali yang dapat menjadi tokoh-tokoh pendidikan dan membangun kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam pagelaran seni yakni beberapa perangkat Desa, DPL, Dosen Musik Gereja, mahasiswa KKNT, tim Estetika Art Dance, tim musik dan singers dari mahasiswa IAKN Manado.

Penulis : FKM
Editor : DOP
Sumber Foto : MM & RKG
Sumber : MBC IAKN Manado

 

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *