Adaptasi Kebiasaan Baru Pusat Layanan Psikologi Jadi Agent of Change

Pandemi Covid-19 mematahkan berbagai sektor kehidupan manusia. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran Covid-19 ini membuat setiap orang patah arang dan mengubah cara beraktivitas untuk tetap bertahan hidup, melangkah dan melawan virus yang mendunia ini.

Jika dipandang secara positif pandemi ini dapat dijadikan momentum berbagai pihak. Misalnya, dalam hal pengembangan kapasitas dan kapabilitas perusahaan, peningkatkan kuantitas dan kualitas dunia pemerintahan serta memperkuat keutuhan sistem berpikir seluruh elemen masyarakat. Berbagai langkah strategis dilakukan oleh sejumlah Perguruan Tinggi untuk mengimplentasikan teori dalam ranah praktika di tengah krisis berpikir masyarakat melawan pukulan demi pukulan Covid-19.  Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri di Sulawesi Utara menjawab kebutuhan berpikir positif dan sistematis masyarakat ini dengan menurunkan Pusat Layanan Psikologi (PLP) ke sejumlah instansi pemerintahan untuk merekonstruksikan konsep pekerjaan yang berdampak positif untuk peningkatan pelayanan publik menyambut adaptasi kebiasaan baru.

Managing Director, Melissa M.F. Waturandang, M.Psi menyampaikan Pusat Layanan Psikologi (PLP) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado adalah salah satu institusi yang menempatkan diri sebagai agent of change bagi masyarakat. Selain itu, memberikan layanan professional berbasis ilmu psikologi demi meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat. ”Menyikapi fenomena bencana non-alam Covid-19 di tengah adaptasi kebiasaan baru kami PLP IAKN Manado melakukan Training and Development  sebagai bentuk kerjasama tapi juga untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan berbagai instansi pemerintahan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara” tegas Sekretaris Program Studi Psikologi Kristen IAKN Manado.

Ditambahkannya, Training and Development juga dilakukan untuk menyasar kompetensi pegawai yang bekerja di instansi dan menyiapkan seseorang yang tepat di posisi yang tepat. Adapun kategori yang dinilai ialah integritas yang tinggi, loyalitasnya, kejujuran dan nilai hospitality sesuai kebutuhan. “Semoga pelaksanaan Training and Development di era adaptasi kebiasaan baru dapat memberikan kesejahteraan kepada pegawai di lingkup pemerintahan dari sisi psikologi. Kemudian dapat memberikan sumbangan perspektif psikologi dalam peningkatan sumber daya manusia” tutup Dosen Psikologi Kristen IAKN Manado.

Diketahui, Pusat Layanan Psikologi IAKN Manado di bawah pimpinan Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd , didukung oleh para psikolog berlisensi dan ilmuan psikologi profesional yang kompeten di bidangnya serta ditunjang dengan alat tes yang kredibel mampu memberi layanan psikologi yang dapat dipercaya masyarakat.

Penulis: DOP
Editor: JJL
Foto: MBC IAKN Manado & Facebook
Sumber: MBC IAKN Manado

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *