Wujudkan Program 10.10 Dirjen Bimas Kristen, IAKN Manado Gelar Seminar Penguatan Moderasi Beragama di 3 Desa Kabupaten Minahasa Utara

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar kegiatan seminar Penguatan Moderasi Beragama yang merupakan salah satu program prioritas 10.10 Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI selama 6 (enam) hari di 3 (Tiga) Desa Kabupaten Minahasa Utara mulai dari tanggal 9-14 Oktober 2023.

Dekan Fakultas Teologi yang juga Ketua Tim Kerja Desa Moderasi Beragama Dr. Meily M. Wagiu, M.Th menjadi narasumber dalam pelaksanaannya sebagai bagian dari IAKN Manado dalam rangka tindak lanjut kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Dekan memberikan pemaparan materi penguatan Moderasi Beragama secara terpisah di 3 Desa yang Desa Laikit, Desa Tountalete dan Desa Maen.

Dekan sekaligus Ketua Tim Kerja Desa Moderasi Beragama membawakan beberapa poin materi, di antaranya;

  1. Bina suasana
  2. Udar Asumsi dan bangun Perspektif
  3. Sketsa kehidupan keberagaman di Indonesia
  4. Bedah 9 kata kunci Moderasi beragama dan nilai-nilai Universal Agama
  5. Konsep Moderasi beragama
  6. Wawasan kebangsaan
  7. Ekosistem moderasi beragama

Menurut Dekan, Desa Moderasi Beragama adalah salah satu program prioritas 10.10 Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI. Sebagai program inkubasi layanan Pembinaan Desa Moderasi beragama yang dilaunching 14 Juli 2023 bersamaan dengan pelaksanaan ICC-IRS di Kupang NTT.

“Pelaksanaan Program Desa Moderasi Beragama khususnya di Sulawesi Utara dilaksanakan oleh IAKN Manado sebagai satuan kerja melalui Tim Kerja Desa Moderasi Beragama yang ditetapkan melalui SK Rektor.” Tutur Ketua Tim Kerja Desa Moderasi Beragama.

Diketahui, kegiatan ini digelar selama 2 hari di masing-masing Desa dan di Fasilitasi oleh Fasilitator Moderasi Beragama Pokja Nasional yang juga adalah Ketua Tim Desa Moderasi Beragama IAKN Manado.

Sementara itu, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd (Rektor IAKN Manado) sebagai Pelaksana Kegiatan dan Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd (Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia) juga hadir sebagai narasumber Penguatan Moderasi Beragama di Desa Maen .*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by