Wujud Kerjasama Kedua Lembaga, IAKN Manado Ikut Berkontribusi dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2025

Wujud dari kerjasama Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Dr. Jeffry Mailool, S.T., M.Pd mewakili Rektor IAKN Manado ikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2025.

Kegiatan bertajuk “Peningkatan Daya Saing Daerah, Reformasi dan Tata Kelola Pemerintahan serta Pembangunan Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan” berlangsung di Salah Satu Hotel di Desa Tateli Kabupaten Minahasa, Selasa (26/3/2024).

RKPD Kabupaten Minahasa tahun 2025 memiliki 8 (delapan) program prioritas tahun 2025 yakni

  1. Penguatan Kapasitas SDM.
  2. Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik.
  3. Peningkatan kualitas layanan publik.
  4. Mengoptimalkan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif.
  5. Meningkatkan pendapatan petani dan nelayan.
  6. Pemberdayaan UKM/IKM.
  7. Meningkatkan investasi PMDM dan PMA.
  8. Meningkatkan pembangunan yang berwawasan lingkungan

Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, MSi dalam sambutannya mengatakan, lelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 ini merupakan rangkaian tahapan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2025. Hal ini berdasarkan pada peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 yang mengamanatkan 3 bahwa rancangan RKPD dibahas bersama kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam musrenbang RKPD, untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

“Musrenbang RKPD tahun 2025 ini merupakan media pembentukan komitmen seluruh stakeholder pembangunan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (RAPBD), yakni sebagai pedoman dalam penyusunan kebijakan umum APBD (KUA) dan prioritas dan plafon anggaran sementara,” kata Bupati.

Melalui pelaksanaan musrenbang ini, Bupati berharap dapat menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2025.

Dr. Jeffry Mailool, S.T., M.Pd (Ketua LP2M) mengungkapkan kehadirannya mewakili Rektor IAKN Manado dalam rangka perwujudan Memorandum of Understanding dan Implementation Agreement kedua lembaga.

“Salah satu wujud kerjasama kami dengan pemerintah kabupaten Minahasa yakni melalui Musrenbang RKPD Tahun 2025 dengan memberikan kontribusi sumbangsi pemikiran sebagai akademisi pada lembaga Perguruan Tinggi di teritorial pemerintahan. Tentu kami berharap kehadiran IAKN Manado dapat memberikan kontribusi positif dalam hal pengembangan dan pemberdayaan mutu serta kualitas pendidikan masyarakat di Kabupaten Minahasa,” Ucap Ketua Lembaga.

Kegiatan ini turut dihadiri, Ketua TP PKK Minahasa Ny. Djeneke Kumendong Onibala, SH, MSA, Kapolres Minahasa AKBP. S. Shophian, SIK, MH, Kasdim Mayor INF. Daeng Pasaka, Anggota DPRD Romy Leke dan Ivone Andris, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa dan tokoh masyarakat.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by