Transformasi Digital Rektor IAKN Manado Ikuti Persiapan Integrasi Sistem Informasi Akademik pada PTKN di Kementerian Agama

Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.Th., M.Pd mengikuti pelaksanaan “Persiapan Integrasi Sistem Informasi Akademik pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di Kementerian Agama mulai dari tanggal 30 Oktober 2023 – 03 November 2023 di Jakarta.

Diketahui, proses transformasi digital di Kementerian Agama terus bergulir dan salah satu program prioritas di era kepemimpinan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yakni menjajaki implementasinya dalam bentuk integrasi sistem informasi akademik pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

Sekretaris Jendral Kementerian Agama Nizar Ali meminta PTKN untuk mendukung proses Integrasi Sistem Informasi Akademik karena sudah menjadi kebutuhan dalam rangka efisiensi sekaligus memudahkan monitoring data akademik.

“Banyaknya aplikasi justru mempersulit dalam mengawal dan memonitoring data-data yang ada di perguruan tinggi,” ujarnya saat membuka Persiapan Integrasi Sistem Informasi Akademik pada PTKN di Ancol, Jakarta, Senin (30/10/23).

Sekjen mengakui bahwa sekarang belum ada standar sistem akademik di setiap perguruan tinggi. Sehingga diperlukan kajian objektif untuk menyamakan sistem yang memudahkan pengguna dalam mengaksesnya.

“Saya rasa kegiatan ini dilakukan untuk memperoleh model aplikasi yang sesuai kebutuhan. Dengan catatan, bisa masuk dan terintegrasi dengan Pusaka Superapss. Perlu dilakukan penilaian objektif dengan mendatangkan ahli, sehingga nanti pengembangannya bisa sesuai rekomendasi para Ahli,” jelasnya.

Sekjen juga menjelaskan, bahwa transformasi digital Kementerian Agama sejalan dengan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dikeluarkan Presiden. Salah satu yang harus dilakukan adalah integrasi aplikasi.

Ada beberapa hal yang menurut Nizar penting diperhatikan sebagai tujuan integrasi aplikasi sistem informasi akademik pada PTKN. Pertama, peningkatan pelayanan publik sehingga dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat.

“Muaranya adalah menciptakan pelayanan publik lebih baik, efektif, dan efisien. Dan tentunya tujuan utamanya adalah kepuasan masyarakat,” jelasnya.

Dilanjutkan Sekjen, hal lainnya yang perlu diperhatikan terkait keamanan data.

“Kita harus berkomitmen untuk menjaga data pribadi dan informasi penting dengan sangat hati-hati, memastikan keamanan dan privasi mahasiswa,” sambungnya.

Sekjen meminta komitmen para pimpinan PTKN dalam integrasi ini. Tranformasi Digital pada PTKN, kata Nizar, harus didukung komitmen pimpinan sehingga pelaksanaannya berkesinambungan dan terarah. Selain itu, transformasi digital juga memerlukan kolaborasi dan kerja sama antar unit kerja pada Kementerian Agama dan juga antar instansi. https://kemenag.go.id/nasional/transformasi-digital-kemenag-segera-integrasikan-sistem-informasi-akademik-ptkn-h3pRU

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by