Spiritualitas Dokter Kristen Dalam Layanan Penyembuhan Pasien Secara Holistik di Kota Bitung, Ellen Tataming Raih Gelar Doktor ke-22 pada Pascasarjana IAKN Manado

Program Studi Strata 3 (S3) Pendidikan Agama Kristen (PAK) Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Ujian Terbuka Disertasi / Promosi Doktor di Aula IAKN Manado, Kamis (30/11/23).

Ellen Magdalena Tataming sebagai Promovendus mengangkat judul Disertasi tentang “Spiritualitas Dokter Kristen Dalam Layanan Penyembuhan Pasien Secara Holistik di Kota Bitung”.

Tataming yang berprofesi sebagai dokter menyatakan bahwa Signifikansi spiritualitas dokter Kristen dalam layanan penyembuhan  secara holistik kepada pasien mulai dari hubungannya kepada Tuhan kemudian diri sendiri dan dari sisi pasiennya.

“Rasa ketergantungan kepada Tuhan, bekerja seolah-olah untuk Tuhan. Kemudian, memahami diri sendiri dalam hal kekuatan menghadapi masa depan, mendapat hikmat saat mengambil keputusan. Lalu, dengan diri pasien memberikan pelayanan yang terbaik dan berkomunikasi yang baik dengan pasien,” Tutur Dokter Tataming.

Menurut Tataming, Dokter Kristen di Bitung memiliki karakteristik spiritualitas pribadi (personal spirituality) dalam bentuk pemahaman dan keyakinan akan Allah Tritunggal sebagai yang berdaulat atas kehidupan ciptaanNya dan mengaktualisasikan pemahaman dan keyakinan itu dalam perawatan dan penyembuhan pasien.

“Spiritualitas pribadi dokter Kristen tercermin dalam aktivitas rohani sehari-hari, dalam berdoa, membaca Firman Tuhan, beribadah serta meneladani Yesus Kristus dalam pelayanan penyembuhan kepada pasien.” Jelas Tataming.

Dilanjutkan Tataming, Penyembuhan holistik yang meliputi penyembuhan fisik, psikis, mental dan spiritual dilakukan oleh dokter Kristen dengan segala upaya dan keterbatasan, dan dengan kesadaran dan keyakinan pribadi bahwa dokter adalah perpanjangan tangan Tuhan yang tetap memiliki ketergantungan kepada Allah Tritunggal.

“Spiritualitas pribadi dokter Kristen sangat signifikan dalam layanan penyembuhan pasien yang diwujudkan dalam hubungan dengan keyakinan Allah Tritunggal Sang Penyembuh Ilahi yang memberikan karunia kepada dokter  sebagai penyembuh insani, dalam diri dokter sebagai penyembuh insani  dan dalam layanan penyembuhan yang diberikan kepada pasien.” Ucap Dokter.

Tambahnya, Program-program dan aktivitas Pendidikan Agama Kristen dalam keluarga, gereja, sekolah, Perguruan Tinggi dan Rumah Sakit ternyata memberikan sumbangsih besar bagi dokter Kristen di Kota Bitung dalam membentuk dan memantapkan spiritualitas Kristen yang diaplikasikan dalam setiap layanan penyembuhan pasien.

“Persekutuan ibadah dokter Kristen di Rumah Sakit perlu dilakukan secara teratur dan efektif, dengan koordinasi yang baik dan dilakukan dengan tata ibadah yang lebih kreatif. Kemudian, Ibadah khusus professional dokter di gereja perlu diadakan untuk memberi penguatan iman dan semangat dalam layanan penyembuhan.” Saran Dokter.

Dewan Pengujinya adalah Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd., Prof. Dr. Ir. Albiner Siagian, M.Si. (Penguji Luar/ Rektor IAKN Tarutung), Prof. Dr. Benny B. Binilang, MS., Dr. Johanna P. Setlight, M.Th., Prof. Ellen S. Kambey, MA dan Dr. Semuel Selanno, M.Th.

Diketahui, Ellen Magdalena Tataming merupakan menjadi Doktor ke-22 dari Prodi S3 PAK Pascasarjana IAKN Manado.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by