Semarak HUT ke-342 Wanua Tontalete Kabupaten Minahasa Utara, Rektor Berharap Akan Menjadi Desa Pelopor Moderasi Beragama

Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Dr. Olivia CHerly Wuwung, S.T., M.Pd menghadiri undangan Pemerintah Desa Tontalete Kabupaten Minahasa Utara dalam semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-324 Wanua Tontalete di Balai Desa, Sabtu (21/10/23).

Semarak HUT ke-324 Wanua Tontalete mengangkat tema “Kita Lestarikan Seni & Budaya Untuk Merajut Persaudaraan dan Persahabatan Anak Bangsa serta Bermoderasi Beragama”.

Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa Wanua Tontalete bagi Kementerian Agama RI secara khusus Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen dan bagi IAKN Manado, punya arti tersendiri.

“Sejak tahun 2021 sesuai arahan Bupati Minahasa Utara, Tontalete menjadi salah satu Desa yang diharapkan mampu memenuhi 4 indikator Moderasi beragama. IAKN Manado melalui berbagai program, riset, sosialisasi dan pendampingan, serta program KKN nusantara terus bersama mewujudkan harapan dan mimpi besar itu.” Tutur Rektor.

Dilanjutkan Rektor, Surat Keputusan Bupati Minahasa Utara 4 Mei 2023 menjadi jawaban dan rekomendasi ke Dirjen Bimas Kristen dan masuk dalam Program 10.10 Wanua Tontalete di-launching sebagai salah satu Desa Moderasi Beragama Oleh Wakil Menteri Agama dari Kupang NTT 14 Juli 2023.

“Hari ini dalam perayaan semarak 234 Tahun Wanua Tontaletepun terus menunjukkan bagaimana pentingnya memelihara dan melestarikan seni dan budaya untuk merajut persaudaraan dan persahabatan, sebagai salah satu indikator moderasi beragama.” Ujar Rektor.

Rektor meneruskan Desa Tontalete memiliki potensi budaya yang luar biasa. Selain memiliki cagar budaya waruga dan rumah tua, potensi ragam budaya Hulondalo & Minahasa merupakan perpaduan dan harmonisasi yang indah untuk
tetap dijaga dan dilestarikan.

“Selamat Ulang Tahun Wanua Tontalete. Harapan kami diperayaan Semarak HUT Ke 234 Wanua Tontalete akan menjadi Desa Pelopor Moderasi Beragama tidak hanya di Minahasa Utara dan di Selawesi Utara tapi di Nusantara.” Tutup Rektor.

Turut hadir mendampingi Rektor IAKN Manado, Dr. Meily Meiny Wagiu, M.Th (Dekan Fakultas Teologi). Hadir juga  Stenly Ruben Sagay, S.Sos (Hukumtua Desa Tontalete), Fredrik Tulengkey, S.H (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Utara), Daniel Komenaung, S.E (Camat Kema) dan AKBP. Adrianus Wenas (Kapolsek Kema).*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by