Rektor IAKN Manado Hadiri Perayaan Natal Nasional 2023 di Gereja Bethany Nginden Kota Surabaya

Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd menghadiri perayaan Natal Nasional Tahun 2023 di Gereja Bethany Nginden Kota Surabaya, Rabu (27/12/23).

Presiden Joko Widodo dalam sambutan natalnya menyampaikan ucapakan selamat Natal kepada seluruh umat Kristiani di Indonesia dan warga Indonesia yang berada di luar negeri.

“Kepada umat Kristiani di seluruh pelosok Indonesia dan luar negeri, saya mengucapkan selamat Natal, semoga kehangatan Natal ini dapat memenuhi hati kita dengan penuh damai dan sejahtera,” katanya.

Presiden Jokowi juga mengucap syukur bahwa dalam perayaan Natal yang penuh kehangatan dan kasih sayang ini perlu menjadi contoh kepada dunia bahwa keberagaman adalah hukum alam yang tidak terindarkan termasuk dalam perbedaan agama. Indonesia sendiri memiliki 714 suku dan 1.300 bahasa daerah.

“Kita harus mampu menjaga tolerasi dalam keberagaman dan kemajemukan di tengah Kebhinekaan. Kita mampu karena kita Bhineka Tunggal Ika, dan kita beruntung karena kita memiliki Pancasila,” Tutur Presiden

Presiden juga mengatakan bahwa di tengah tantangan kehidupan dunia yang berat yang ditandai dengan krisis pangan, krisis ekonomi dan perselisihan antar bangsa, bahkan peperangan, warga Indonesia harus tetap waspada.

“Orang Jawa bilangnya iling lan waspodo, karena perselisihan apalagi peperangan pasti akan membawa kemunduran peradapan, sebaliknya persatuan dan kerukunan bisa menapaki kemajuan,” ujarnya. Meskipun saat ini telah memasuki tahun politik dan penyelenggaraan Pemilu, kata Jokowi, masyarakat harus terus menjaga tolerasi persatuan dan perdamaian. 

“Perbedaan pilihan politik itu wajar dalam demokrasi, tapi kita dipersatukan oleh kepentingan yang lebih mulia yaitu menjaga persatuan kegotongroyongan dan kemanusiaan, serta memajukan negara yang kita cintai, Indonesia,” katanya.

Menurut Presiden, capaian pembangunan yang telah diraih Indonesia harus dirawat dan dijaga agar cita-cita menjadi Indonesia maju semakin nyata. 

Tampak hadir dalam Ibadah Natal Nasional 2023, Menteri Agama RI, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama, Para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN), Kepala Biro AUAK IAKN Manado dan pimpinan lainnya.*FPT

Written by