Rektor IAKN Manado Hadiri Dialog Umat Kristen Dalam Mewujudkan Tema Natal Tahun 2023

Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd menghadiri kegiatan Panitia Natal Nasional yang difasilitasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Agama Kristen yang bertajuk Dialog Umat Kristen Dalam Mewujudkan Tema Natal Tahun 2023 di Novotel Samator Surabaya, Senin (18/12/23).

Direktur Urusan Agama Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama (Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI), Dr. Amsal Yowei, SE, M.Pd.K dalam sambutannya menyampaikan bahwa agenda yang dilaksanakan dimaksudkan untuk mempererat kerja sama sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran yang konstruktif.

“Adapun pelaksanaan kegiatan ini untuk menyongsong natal nasional tahun 2023 namun juga memiliki makna yang humanis untuk mempersatukan umat Kristen dan Katolik di seluruh nusantara.” Jelas Direktur.

Dilanjutkan Direktur, tema natal tahun 2023 yakni “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi” yang terambil dari Lukas 2:14.

“Tema natal mengajak kita semua, umat beriman untuk masuk dalam karya penyelamatan Allah dan menyambut sang Juruselamat agar mengalami damai sejahtera. Damai sejahtera sebagai suasana hidup yang rukun dan tentram. Tidak hanya hubungan manusia dengan Allah tetapi juga hubungan antara sesama umat manusia dan manusia dengan alam semesta.” Ujar Direktur

Direktur berharap melalui kegiatan ini menjadi momentum ungkapan rasa syukur atas persatuan dan kesatuan, hubungan kebangsaan dan persaudaraan atas dasar kemanusiaan serta berkat dari pada Tuhan. https://www.youtube.com/live/oLOI9w7ftps?si=QPQ4XFNTUuDrKL_e

Dalam kesempatan yang sama Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi juga merupakan Ketua Umum Panitia Natal Nasional Tahun 2023 dalam sambutannya memberikan semangat kepada seluruh panitia dan berharap pelaksanan natal di tahun ini akan berlangsung dengan baik dan penuh dengan damai serta sukacita menyambut kelahiran Yesus Kristus 25 Desember 2023.

Tampak hadir dalam pelaksanaan Dialog, Pdt. Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd (Direktur Jenderal Bimas Kristen Kemenag RI), Drs. Sudirman Simanihuruk, M.Th (Direktur Pendidikan Kristen), para Rektor PTKKN, diikuti oleh perwakilan Panitia Pusat dan Lokal Natal Nasional sekira 250 peserta (offline) perwakilan Pendeta, Pastor, serta umat Kristen dan Katolik di Kota Surabaya dan sekitarnya dan 300 peserta (online) dari unsur Kepala Bidang/Pembimbing Masyarakat Kristen Kanwil kemenag se-Indonesia, Kepala Seksi/Penyelengga Kristen Kabupaten/Kota se-Indonesia, serta perwakilan umat Kristen dan Katolik di Indonesia.

Sesi dialog dipandu oleh Wakil Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Krise Gosal, menghadirkan narasumber Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom dan Administrator Diosesan Keuskupan Surabaya, Romo Yosef Eko Budi Susilo.

Pendeta Gomar mengatakan tema yang dirumuskan oleh PGI dan KWI adalah Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi (Lukas 2:14). 

Senada dengan Ketua PGI, Romo Eko, mengatakan bahwa damai sejahtera dirindukan oleh semua manusia di dunia ini. Natal mengajak orang beriman untuk bersama-sama dan bekerja sama dengan Allah ikut menyelamatkan manusia sehingga bisa mengalami damai sejahtera.

Setelah dialog, kegiatan dilanjutkan dengan Ibadah Doa dan Pujian Bersama Menyongsong Perayaan Natal Nasional Tahun 2023 di Surabaya.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by