Rapat Koordinasi Pimpinan IAKN Manado Tahun 2023 Dibuka Secara Resmi Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan Tahun 2023 di Swiss-belhotel Manado mulai dari tanggal 09-11 Maret 2023.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI) Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd.

Dirjen juga menyematkan tanda peserta kepada perwakilan yakni Stefanny Pandaleke, M.Pd (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu) dan Berdinata Massang, M.Pd (Wakil Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen).

Rapat koordinasi pimpinan IAKN Manado Tahun 2023 bertujuan untuk mengevaluasi Program Kerja Tahun 2022, Outlook Tahun 2023 dan menyelaraskan program kerja IAKN Manado dengan Program Kerja Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama serta Menteri Agama.

Kepala Biro AUAK IAKN Manado, Johni Tilaar, S.Th., M.Si melaporkan bahwa Rapat Koordinasi Pimpinan Institut Agama Kristen Negeri Manado Tahun 2023 dilaksanakan  berdasarkan program kerja Institut Agama Kristen Negeri Manado Tahun 2023 dan Surat Keputusan Rektor IAKN Manado Nomor 536 Tahun 2023 tentang Panitia Pelaksanaan Rapat Kerja Pimpinan IAKN Manado.

“Sehubungan dengan Program Kerja Menteri Agama sebagaimana disampaikannya Rapat Kerja Kementerian Agama Tahun 2023 dan Program Kerja Menteri Agama yang dituangkan Dirjen Bimas Kristen dalam Enam belas Sasaran Program kerja, maka Rektor IAKN Manado memandang perlu melaksanakan Rapat Koordinasi Pimpinan Tahun 2023,” Ucap Karo AUAK IAKN Manado.

Pelaksana Tugas Rektor IAKN Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan menyambut dengan penuh sukacita kehadiran Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI.

“Kami senang skali ibu boleh hari bersama dengan kami dan nantinya akan memberikan arahan/pembinaan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Rakor Pimpinan IAKN Manado,” Ujar Plt. Rektor.

Dilanjutkan Plt. Rektor, Rakor ini dalam rangka mengevaluasi yang sudah dikerjakan tahun 2022 tetapi juga untuk melaksanakan arahan-arahan Dirjen Bimas Kristen dan Menteri Agama serta mengambil langkah program strategis yang disinkronkan dengan IAKN Manado.

“Kami para pimpinan dan tentunya Civitas Akademika IAKN Manado mendukung program Prioritas Menteri Agama dan Ditjen Bimas Kristen yakni Christian Cyber University dan Penguatan Moderasi Beragama.” Ucap Plt. Rektor.

Plt. Rektor juga mengungkapkan bahwa masing-masing Fakultas dan Pascasarjana sementara memperkuat sistem penjaminan mutu termasuk meningkatkan akreditasi.

“Kami berharap arahan Ibu Dirjen agar supaya bersama-sama mendukung program strategis Menteri Agama dan Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI.” Harap Plt. Rektor.

Dirjen Bimas Kristen dalam pembinaannya mengapresiasi pelaksanaan rakor pimpinan IAKN Manado dan berterima kasih karena sudah mengundangnya untuk menyampaikan program strategis Ditjen Bimas Kristen.

“Pentingnya dilaksanakan rakor untuk mengevaluasi program kegiatan tahun sebelumnya dan menyusun program kerja untuk tahun 2023,” Tutur Dirjen.

Dirjen juga menambahkan menjawab Arahan Menteri Agama dengan bergerak menggunakan Filosofi Kereta Api, banyak hal yang harus dibenahi dan butuh kerja keras.

Dirjen mendorong IAKN Manado untuk terus berpacu dalam rangka Cyber Christian University. “Serius fokus mengejar Cyber Christian University. Menteri Agama merespon positif program Cyber Christian University. Saya minta tolong diseriusi. Kalau bisa ada perkembangan seperti apa dapat dilaporkan,” Tegas Dirjen.

Dirjen juga menjelaskan sasaran kinerja program prioritas Ditjen Bimas Kristen dikemas dalam tajuk 10.10 (sepuluh-sepuluh). Kesepuluh program tersebut adalah 10 Daerah Prioritas Pembangunan Keagamaan, 10 Aplikasi Layanan Digital, 10 Pusat Inkubasi Layanan Publik Berbasis Moderasi Agama, 10 Transformasi Lembaga Keagamaan, 10 Hibah Tanah untuk Layanan Pendidikan Keagamaan, 10 Pembukaan Satuan Pendidikan Keagamaan Kristen Baru, 10 Beasiswa Pengembangan SDM, 10 Desa Moderasi, 10 Jurnal Bereputasi dan 10 Bantuan Objek Budaya Keagamaan Kristen.

“Mari kita fokus, serius mengerjakan dan mengejar Cyber Christian University, Transformasi Kelembagaan, Jabatan Fungsional Dosen dan Jurnal. DBK akan terus berupaya mensukseskan semua program kerja bersama dengan PTKKN termasuk IAKN Manado,” Tutup Dirjen sambil membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Koordinasi Pimpinan IAKN Manado.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Categories: Berita IAKN