Pengaruh Signifikan Profesionalitas Guru PAK terhadap Pembentukan Karakter Kristiani Siswa Kristen SMP Negeri di Manado Membawa Novita Sianturi Terima Gelar Doktor ke-21

Program Studi Strata 3 (S3) Pendidikan Agama Kristen (PAK) Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Ujian Terbuka Disertasi / Promosi Doktor di Aula IAKN Manado, Senin (06/11/23).

Novita Sianturi sebagai Promovendus mengangkat judul Disertasi tentang “Pengaruh Budaya Sekolah, Dukungan Sosial dan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pembentukan Karakter Kristiani Siswa Kristen SMP Negeri di Kota Manado”.

Sianturi menyatakan bahwa keberhasilan pembentukan karakter kristiani siswa melalui pembelajaran agama ditentukan oleh kualitas dan keterampilan yang dimiliki oleh seorang guru PAK dalam proses pembelajaran secara profesional.

“Seorang guru akan dipandang profesional, jika guru terutama guru PAK mampu membawa siswa tidak hanya sampai pada tahap pemahaman tetapi dapat melakukan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.” Tutur Sianturi.

Menurut Sianturi, fungsi guru PAK sangat penting dalam membantu pembentukan karakter kristiani siswa Kristen SMP Negeri di Kota Manado. Hal ini terlihat dari pengaruh yang signifikan dari budaya sekolah dan dukungan sosial secara bersama-sama terhadap profesionalitas guru PAK.

“Penting bagi sekolah untuk dapat meningkatkan profesionalitas guru PAK dalam menjalankan tugas tanggung jawab pada mata pelajan Pendidikan agama Kristen. Agar seorang guru PAK tidak hanya membangun pengetahuan kognitif siswa tetapi juga membentuk karakter siswa sesuai dengan ajaran agama Kristen.”Jelas Sianturi.

Novita Sianturi memberi rekomendasi kepada pihak sekolah agar mengupayakan terbentuknya budaya sekolah yang dapat membantu pembentukan karakter siswa, agar nantinya budaya sekolah memiliki pengaruh yang signifikan bagi pembentukan karakter siswa baik karakter kristiani bagi siswa Kristen maupun karakter siswa yang beragama non Kristiani, yang dilakukan melalui pembelajaran agama.

“Para Guru PAK yang ada di SMP Negeri se-Kota Manado kiranya dapat terus meningkatkan kemampuan berkaitan dengan ilmu Pendidikan Agama Kristen, sehingga profesionalitas guru PAK terus berkembang. Karena dengan peningkatan profesionalitas guru PAK, dapat membantu proses pembentukan karakter kristiani siswa di SMP dimana guru PAK itu menjalankan tugas tanggung jawabnya.” Harap Sianturi

Dewan Pengujinya adalah Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd., Prof. Dr. Achmad Syahid, MA (Penguji Tamu), Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd (Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Prof. Dr. Benny B. Binilang, MS., Dr. Johanna P. Setlight, M.Th dan Dr. Farno B. A. Gerung, M.Th.

Diketahui, Novita Sianturi merupakan mahasiswa Program Doktoral Skema Sandwich Beasiswa Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI dan menjadi Doktor ke-21 Pascasarjana IAKN Manado.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by