Pelayanan Musik dalam Mewujudkan Pembinaan Warga Gereja Mawar Sharon dan Bethany di Manado, Markus Wibowo Raih Gelar Doktor ke-20

Program Studi Strata 3 (S3) Pendidikan Agama Kristen (PAK) Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Ujian Terbuka Disertasi / Promosi Doktor di Aula IAKN Manado, Jumat (13/10/23).

Markus Wibowo sebagai Promovendus mengangkat judul Disertasi tentang “Pelayanan Musik dalam Mewujudkan Pembinaan Warga Gereja pada Gereja Mawar Sharon dan Bethany di Manado”.

Wibowo menyatakan bahwa dampak Musik Gereja dalam Pendidikan Agama Kristen adalah Pengalaman Ibadah yang Mendalam, Pemahaman Teologis yang Lebih Mendalam dan Pembentukan Karakter Kristen.

Ditambahkan Wibowo, relevansi musik gereja dalam Pendidikan Agama Kristen di era Modern meliputi penggunaan teknologi dalam musik gereja, musik gereja dan generasi muda serta musik gereja sebagai alat pembelajaran.

“Penting untuk memahami peran musik gereja dalam pembinaan warga gereja. Musik gereja dapat memengaruhi emosi, meningkatkan kekhusukan, dan membawa pengalaman yang mendalam dalam ibadah. Melalui musik gereja, pesan-pesan rohani dapat disampaikan dengan lebih baik, dan jemaat dapat merasakan kehadiran Tuhan dengan lebih nyata. Namun, ada juga tantangan dalam menggunakan musik gereja sebagai sarana pembinaan warga gereja.” Tutur Promovendus.

Dewan Pengujinya adalah Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd., Prof. Dr. Esther Heydemans, M.Si., Dr. Art S. Thomas, S.Th., M.Mis., Prof. Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn (Penguji Tamu), Dr. Anita Inggrith Tuela, M.Th dan Dr. Max G. Ruindungan, M.Pd.

Diketahui, Markus Wibowo menjadi Doktor ke-20 IAKN Manado.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by