Menjalin Kerjasama Internasional, IAKN Manado dan “Solomon’s Porch Indonesian” Hongkong Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menjalin kerjasama dengan Solomon’s Porch Indonesian (SPIN) Hongkong melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Aula IAKN Manado, Rabu (29/11/23).

Penandatanganan ini bertujuan untuk menjalin hubungan kerjasama internasional dan menunjang mutu serta kualitas lembaga dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, mendukung penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor IAKN Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa penandatanganan MoU merupakan bagian dari upaya kedua lembaga untuk kolaborasi pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Harapan kami dengan penandatanganan ini akan ada banyak kegiatan yang dilakukan secara bersama untuk menunjang tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” Tutur Rektor.

Pdt. Dr. Slamet Yahya Hakim dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan penandatanganan secara langsung mempunyai rekan kerja dari IAKN Manado untuk bersama-sama melayani gereja.

“Langkah pertama wujud nyata penandatanganan bisa saya tulis keterangan ibu Rektor datang ke Hongkong. Lalu selanjutnya, jika Tuhan menghendaki setiap mahasiswa yang terbaik satu tahun satu kali, satu tahun satu orang bisa kita kirim ke Hongkong. Mahasiswa yang terbaik kita kirim ke Hongkong untuk melihat dengan nyata seperti apa pelajaran dari gereja-gereja disana kemudian tour dan diklat.” Tutur Ketua BPMJ GMIM Lidia Hongkong.

Kegiatan penandatangan tidak hanya ditingkat institusi tapi dilanjutkan dengan Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Agreement antara SPIN dan 3 Fakultas serta 12 Program Studi di IAKN Manado.

Fakultas yang dimaksud adalah Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK), Fakultas Teologi (FT), Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan (FSISK).

Sementara itu, untuk Program Studi yakni Pendidikan Agama Kristen (PAK), Pendidikan Musik Gereja (PMG), Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (PKAUD), Manajemen Pendidikan Kristen (MPK), Teologi, Pastoral Konseling, Biblika, Misiologi dan Komunikasi Kristen, Psikologi Kristen, Sosiologi Agama, Musik Gereja, Pariwisata Budaya dan Agama.

Diketahui, setelah penandatanganan dilanjutkan dengan Seminar bertajuk “Gereja dan Pelayanan Pekerja Migran”.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by