Menggunakan Pakaian Adat Nusantara, Rektor IAKN Manado Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar upacara bendera dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 bertemakan “Bersama Majukan Indonesia” di Lapangan Upacara, Sabtu (28/10/23).

Rektor IAKN Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan menggunakan pakaian adat nusantara.

Tampak Civitas Akademika juga menggunakan Pakaian Adat Nusantara dalam gelaran upacara.

Rektor saat menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan bahwa mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna – warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.” Tutur Rektor.

Dilanjutkan Rektor, Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

“Penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi. pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen – elemen lain.” Jelas Rektor.

Di akhir sambutan Rektor mengajak untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by