Mengangkat Disertasi tentang Pengembangan Model Pembelajaran Nyanyian Gerejawi Berbasis Aplikasi Android, Alrik Lapian Raih Gelar Doktor ke-19 pada Pascasarjana S3 PAK IAKN Manado

Program Studi Strata 3 (S3) Pendidikan Agama Kristen (PAK) Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Ujian Terbuka Disertasi / Promosi Doktor di Aula IAKN Manado, Rabu (20/09/23).

Alrik Lapian sebagai Promovendus mengangkat judul Disertasi tentang “Pengembangan Model Pembelajaran Nyanyian Gerejawi Berbasis Aplikasi Android”.

Alrik menyatakan bahwa implikasi dari Disertasinya secara khusus untuk warga jemaat agar memanfaatkan teknologi dalam peningkatan wawan wawasan dan penguasaan lagu sehingga secara simultan akan mendorong spiritualitas jemaat. Dengan demikian, setiap anggota jemaat ketika bernyanyi ataupun mendengarkan puji-pujian dapat meningkatkan spiritualitasnya serta termotivasi untuk menyelaraskan kehidupannya dengan nyanyian yang dilantunkan.

“Gereja sebagai satu-satunya institusi yang mewartakan kebenaran Firman Tuhan merekonstruksi atau setidaknya meninjau kembali model pembelajaran nyanyian jemaat serta mengevaluasi bentuk konvensional yang selama ini diterapkan oleh gereja dan beralih ke model mobile learning dengan menggunakan aplikasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran nyanyian jemaat.” Rekomendasi Promovendus.

Promovendus juga merekomendasikan kepada anggota jemaat agar senantiasa menaruh niat dan minat dalam mempelajari nyanyian jemaat sebagai bentuk keterpanggilan orang percaya dan senantiasa meningkatkan kualitas diri dalam segi musikalitas sebagai identitas keKristenan yang memuji Tuhan lewat nyanyian Jemaat.

Dewan Pengujinya adalah Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd., Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd (Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI), Prof. Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn (Penguji Tamu dan Dosen Tetap Institut Seni Indonesia Surakarta), Prof. Benny B. Binilang, MS., Prof. Ellen S. Kambey, MA., Ph.D dan Dr. Johan N. Gara, S.Th., MA.

Diketahui, Alrik Lapian menjadi Doktor ke-19 pada Pascasarjana S3 PAK IAKN Manado.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by