Mengangkat Disertasi Implementasi Fungsi Penyuluh Agama Kristen di Sulawesi Utara, Subaedah Luma Raih Doktor ke-24 pada Pascasarjana IAKN Manado

Program Studi Strata 3 (S3) Pendidikan Agama Kristen (PAK) Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Ujian Terbuka Disertasi / Promosi Doktor di Aula IAKN Manado, Rabu (24/01/24).

Subaedah Luma yang mengikuti Promosi Doktor di Tahun 2024 mengangkat judul Disertasi “Implementasi Fungsi Penyuluh Agama Kristen Bagi Pengembangan Pendidikan Agama Kristen di Sulawesi Utara”.

Pendeta Subaedah Luma adalah Promovenda yang menyatakan bahwa implikasi dari Disertasinya yakni rekriutmen Penyuluh Agama Kristen yang diperluas tidak hanya terbatas pada lulusan S1 Teologi. Munculkanmetode penyuluhan yang bervariasi dan lebih kreatif.

“Kehadiran penyuluh di masyarakat akan membawa dampak nyata. Kebijakan terkait penyuluh agama perlu disosialisasikan oleh pembuat kebijakan dan unsur terkait sehingga pemahaman bersama dan kerjasama menuntun pada tercapainya tujuan.” Tutur Pendeta.

Dilanjutkan Pendeta Subaedah, pelaksanaan konsultasi yang benar dan tepat akan mendorong kesejahteraan masyarakat dan mengurangi maasalah sosial. Selain itu, keterbatasan penyuluh dalam hal advokasi dapa diatasi dengan program kegiatan penyuluhan berbasis kolaborasi lintas sektor.

“Mengembangkan program penyuluhan berbasis pemecahan masalah, mengembangkan program penyuluhan berbasis kolaborasi lintas sektor, mengusulkan pengembangan E-Pakris dan mengusulkan pembukaan Program Studi Baru yaitu Prodi Penyuluh Agama.” Saran Pendeta Subaedah.

Dewan Pengujinya adalah Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd., Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd (Penguji Tamu juga Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. Agnes R. Poluan, M.Th., Dr. Max G. Ruindungan, M.Pd., Prof. Dr. Benny B. Binilang, MS dan Dr. Yohan Brek, M.Pd.K.

Diketahui, Subaedah Luma merupakan menjadi Doktor ke-24 dari Prodi S3 PAK Pascasarjana IAKN Manado.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by