Kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, IAKN Manado dan Institut Seni Indonesia Surakarta Jalin Kerjasama melalui Penandatanganan MoU

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menjalin kerjasama melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Aula IAKN Manado, Kamis (23/11/23).

Tujuan dari penandatanganan adalah peningkatan mutu dan kualitas, pengembangan SDM dan penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi kedua lembaga.

Dalam hal lingkup kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi, di antaranya; (1) Pelaksanaan MBKM antara ISI surakarta dan IAKN Manado pada Program Studi (Prodi) S1, (2) Kolaborasi Penelitian, (3) Kolaborasi Peningkatan Jurnal Penelitian, (4) Kolaborasi Penguji Skripsi S1, Tesis S2 dan Disertasi S3.

Rektor IAKN Manado yang diwakili oleh Dr. Heldy J. Rogahang, M.Th (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan) dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama dengan Institut Seni Indonesia Surakarta merupakan tonggak penting dalam perjalanan untuk mengembangkan keunggulan akademik dan kreativitas.

“Bagi kami ISI Surakarta jauh sebelum ini sudah memberi kontribusi yang penting dan kegiatan hari ini merupakan langkah positif yang layak di apresiasi sehingga juga akan menjadi langkah strategi untuk memperkaya pengalaman akademi kita bersama.” Tutur Wakil Rektor

Wakil Rektor berharap melalui kerjasama dapat membuka pintu menuju peluang baru menggali potensi bersama dan membangun jalinan yang kokoh dalam pengepangan Tri dharma perguruan tinggi.

” Mari kita bersama-sama menjadikan kerjasama ini sebagai wahana untuk melanjutkan pengembangan institusi kita dan memberikan dampak positif yang mendalam pada perkembangan dan pengembangan seni di tingkat lokal maupun global. Semoga kerjasama ini tidak menjadikan perhentian penting dalam sejarah kita tetapi juga sebagai landasan untuk pencapaian-pencapaian Tri dharma perguruan tinggi yang lebih gemilang di masa depan. Terima kasih Tuhan memberkati kita semua.” Tutup Wakil Rektor.

Rektor : Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak atas penyambutan Civitas Akademika IAKN Manado.

Dalam kesempatan yang sama Rektor juga mengenalkan ISI Surakarta sejak berdirinya sampai di masa sekarang.

“Kerjasama yang akan kita lakukan hari ini berhubungan langsung dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan secara bersama kolaborasi mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Inilah yang mendorong kami harus sebanyak mungkin untuk mendapat literasi dalam menjalankan dan meningkatkan potensi lulusan.” Tutur

Rektor berharap selain ada pertukaran belajar dosen pun mahasiswa juga dapat berkolaborasi dalam bidang penelitian di dalamnya penulisan jurnal yang sudah menjadi kewajiban dosen bahkan pemenuhan agenda akademik yang perlu diinisiasi ke depannya sehingga dua kampus ini akan menjadi saudara kembar di dalam menjalankan amanat sebagai Perguruan Tinggi Negeri.

Diketahui, pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan (FSISK), Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK), Fakultas Teologi (FT) dan Pascasarjana dengang Pascasarjana ISI Surakarta.

Selain itu dilakukan juga penandatanganan MoA antara Prodi Musik Gereja, Psikologi Kristen, Sosiologi Agama, Pariwisata Budaya dan Agama, Pendidikan Musik Gereja, Pendidikan Agama Kristen, Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Kristen dan Prodi Seni ISI Surakarta.

Hadir dalam penandatanganan Prof. Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn (Wakil Rektor I), Prof. Dr. Dra. Sunarmi, M.Hum (Direktur Pascasarjana) dan Dr. Hanrdriyotopo, M.Sn (Ketua Program Studi Seni).

Sementara dari IAKN Manado hadir Dr. Anita Inggrith Tuela, M.Th (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Para Dekan, Direktur Pascasarjana dan Para Kaprodi.*TK/ DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by