Hasil KKN IAKN Manado Tahun 2024 Akan Dipamerkan pada Pertemuan Bupati Se-Asia Pasifik, Pemerintah Kab. Minahasa Utara Terima 45 Mahasiswa

Pelepasan dan Penerimaan Mahasiswa KKN IAKN Manado Tahun 2024 ke Kabupaten Minahasa Utara berlangsung di JG Center, Jumat (23/02/24).

Ketua LP2M IAKN Manado, Dr. Jefri Mailool, S.T., M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta KKN IAKN Manado Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Utara adalah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Fakultas Teologi, dan Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan yang secara keseluruhan berjumlah 45 orang.

“KKN IAKN Manado tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Utara dilaksanakan pada 3 Desa dari 3 Kecamatan yang telah dicanangkan dalam program nasional sebagai desa moderasi beragama, yaitu Desa Tontalete Kec. Kema, Desa Laikit Kec. Dimembe, dan Desa Maen Kec. Likupang Timur.” Tutur Ketua Lembaga

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Heldy J. Rogahang dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi IAKN Manado karena kembali diterima oleh Kabupaten Minahasa Utara untuk melaksanakan KKN.

“Kabupaten Minahasa Utara sudah menjadi Mitra Kerja IAKN Manado dalam mewujudkan program prioritas Menteri Agama dan program 10.10 Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI untuk penguatan moderasi beragama. Itu sudah terimplentasi dalam pelaksanaan Desa Moderasi Beragama di 3 Desa Kabupaten Minahasa Utara,” Ujar Wakil Rektor.

Wakil Rektor berharap melalui kegiatan KKN IAKN Manado Tahun 2024 dapat memberi kontribusi positif dalam hal pengabdian masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara.

“Kami menyerahkan anak-anak KKN dan semoga kegiatan kolaborasi ini akan terus berkelanjutan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia,” Tutup Wakil Rektor.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Umbase Mayuntu, S.Sos., M.Si mengungkapkan bahwa Kabupaten Minahasa Utara sangat mendukung visi, misi, program kerja dari Institut Agama Kristen Negeri Manado, dalam kegiatan KKN, dalam meng-aktualisasikan dan mempraktekkan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat secara komprehensif integral konstruktif.

“Kami terus mendorong IAKN Manado untuk terus maju, berdampak positif, dan ikut serta menjadi agen serta garda terdepan dalam pembangunan bangsa dan negara. Tetap terus berkarya, menjadi lembaga pendidikan yang kaya ilmu pengetahuan, dan pengabdian, serta Institut Agama Kristen Negeri yang maju dan hebat.” Ujar Asisten

Dilanjutkannya, jadilah solusi dan pemberi jalan keluar untuk pemulihan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat, terutama untuk stabilisasi inflasi, akibat dinamika politik global. Jadilah lembaga pendidikan dan generasi muda intelek, sehat, berdedikasi, berintegritas, cerdas dan beriman, serta menjadi kebanggaan perguruan tinggi, orang tua, bangsa dan negara.

“Kami berharap setiap tahunnya akan dikirimkan mahasiswa selain KKN tapi juga merawat Desa Moderasi di Kabupaten Minahasa Utara. Mandat sekaligus kepercayaan dari Bupati agar mahasiswa KKN IAKN Manado dapat berkontribusi dalam Pertemuan Bupati se-Asia Pasifik yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 -25 April 2024 di Kabupaten Minahasa Utara lewat hasil / Luaran KKN yang akan di pamerkan sebagai bentuk promosi potensi/aset Desa Moderasi Beragama di Kab. Minahasa Utara.” Tutup Asisten.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Implementation Agreement. Kemudian, seremonial penyematan tanda peserta dan almamater serta penyerahan bendera posko KKN IAKN Manado Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Utara.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by