Bertajuk Indonesia Hebat Bersama Umat, IAKN Manado Gelar Apel Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama RI

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar apel dalam rangka Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia pada Rabu, 03/01/24.

Tampak civitas akademika menggunakan kaos putih bertuliskan HAB ke-78 dan bertindak sebagai inspektur apel Rektor IAKN Manado Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd.

Rektor saat membacakan sambutan Menteri Agama menyampaikan bahwa Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama.

Dilanjutkan Rektor, melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, teruslah bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada semua.

“Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat. Hasilnya sudah mulai terlihat. Moderasi Beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi Digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan. Cyber University sudah on the track. Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.” Tutur Rektor

Menteri Agama mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama.

“Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.” Ucap Rektor.

Menteri Agama juga menyampaikan bahwa 2024 ini dihadapkan pada peristiwa politik, yakni Pemilihan Umum. Agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda kita semua sebagai warga negara.

“Dalam kesempatan ini, saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.” Pesan Menteri Agama.

Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama tahun ini memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun kepada Dr. Jhoni Lagun siang, M.Pd (Analis Kurikulum dan Pembelajaran pada Subbagian Umum dan Kepegawaian Bagian Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAKN Manado.*DOP

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by