Bantu Proses Sertifikasi Guru Mata Pelajaran Non PAK, Rektor dan Kepala Biro AUAK IAKN Manado Ikuti Rapat Koordinasi Finalisasi Naskah Akademik

Jakarta (DBK) – Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd dan Kepala Biro AUAK IAKN Manado, Drs. Urbanus Rahangmetan, M.Th mengikuti Rapat Koordinasi Finalisasi Naskah Akademik Linearitas antara Mata Pelajaran Keagamaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Ditjen Bimas Kristen) Kementerian Agama di Millennium Hotel Sirih Jakarta, Senin (15/01/24).

Dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Kristen Jeane Marie Tulung, didampingi oleh Direktur Pendidikan Kristen Sudirman Simanihuruk, kegiatan ini diikuti oleh para Rektor/Ketua, Kepala Biro/Kepala Bagian pada 7 Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) binaan Ditjen Bimas Kristen.

Dirjen meminta para Rektor/Ketua, Kabiro/Kabag pada PTKKN turut berkontribusi menolong guru-guru mata pelajaran (mapel) non Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada sekolah-sekolah binaan Ditjen Bimas Kristen agar dapat mengikuti program sertifikasi guru.

“Pertemuan ini adalah finalisasi, itu artinya ada progres ada proses yang sudah dikerjakan sebelumnya untuk diselesaikan”, jelas Dirjen.

Menurut Dirjen, mata pelajaran yang diampuh oleh guru mapel non PAK seperti Pengetahuan Alkitab, Etika Kristen, Sejarah Gereja / Suci, Dogmatika, Hermeneutika dan Misiologi perlu kajian naskah akademik agar diakui sebagai rumpun PAK dan setelah ditetapkan dalam regulasi dapat menjadi acuan guru mengikuti program sertifikasi.

“Saya minta kita bekerja sama melihat hasil penyusunan naskah akademik mapel non PAK yang sebelumnya sudah disusun oleh ahli/pakar keilmuan yang ditunjuk Ditjen Bimas Kristen sesuai sistematika penyusunan yang berlaku,” tambah Dirjen.

Dirjen berharap semua bekerja cepat agar kualitas layanan pada Satuan Pendidikan Keagamaan Kristen dapat ditingkatkan.

Usai arahan Dirjen, Direktur Pendidikan Kristen memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memberikan masukan serta berdiskusi sehingga menghasilkan kesepakatan bersama dalam menentukan linearitas antar mapel keagamaan.

“Saya tidak meragukan kualitas Bapak, Ibu, sekalian dalam menuntaskan naskah akademik ini,” ucapnya.*DBK

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado

Written by