124 Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (FIPK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado di Empat Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Kristen (PAK), Pendidikan Musik Gereja (PMG), Manajemen Pendidikan Kristen (MPK) dan Pendidikan Kristen Anak Usia Dini (PKAUD) ikuti Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) secara daring menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Jumat (03/09/2021).

Pembekalan diawali dengan Ibadah yang dipimpin oleh Febri K. Mannopo , S.Th.M.Pd.K. dan dibuka secara resmi oleh Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Olivia Ch. Wuwung, ST., M.Pd, dalam sambutan Warek I pertama-tama menyampaikan selamat kepada mahasiswa-mahasiswa Prodi MPK dan PKAUD karena ini adalah Angkatan pertama yang melaksanakan PPL artinya mereka adalah buah sulung bagi Prodi MPK dan PKAUD.

Ditambahkannya, pelaksanaan PPL ini merupakan salah satu tahap yang harus dilalui untuk mencapai kelulusan di kampus IAKN Manado dan meraih gelar sarjana Pendidikan. Kegiatan PPL ini merupakan sarana bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dari Dekan FIPK Dr. Deflita R.N. Lumi, S.PAK., M.Pd yang mengatakan PPL ini adalah agenda akademik yang sangat penting berakaitan dengan produk-produk dari FIPK. PPL ini juga merupakan bagian integral dari kompetensi mahasiswa sebagai calon guru yang nanti akan terjun ke dunia yang nyata artinya di dunia kerja.

Dekan mengharapkan kepada seluruh peserta PPL untuk menjaga nama baik almater kampus dan dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dari proses perkuliahan di tempat PPL masing-masing.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Materi I mengenai Urgensi, Tujuan, Tugas dan Tanggungjawab dalam Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen IAKN Manado yang dibawakan oleh Stefanny M. Pandaleke, M.Pd Wakil Dekan I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama.

Materi II mengenai Kurikulum dan Implementasinya dalam Pembelajaran dengan pemateri adalah Ketua Program Studi (Kaprodi) PAK Dr. Cyrus T. Lalompoh,M.Pd., Kaprodi PMG Meyltsan Maragani,M.Pd., Kaprodi Manajemen Pendidikan Kristen Berdinata Massang,M.Pd., Kaprodi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Febri Mannopo , S.Th. M.Pd.K. yang dibagi pada Empat Ruang Virtual.

Diketahui ada 75 Mahasiswa dari Prodi PAK, 22 Mahasiwa Prodi PKAUD, 18 Mahasiswa Prodi MPK dan 9 Mahasiswa Prodi PMG yang nantinya akan tersebar di 12 Daerah yakni Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Luwuk Banggai.

Penulis : MCR
Editor : DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X