Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar meeting (pertemuan) di salah satu destinasi wisata kota Tomohon yaitu Danau Linow, Jumat (19/03/21) dalam rangka mewujudkan penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilaksanakan di IAIN Manado pada Kamis (18/03/21).

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan terkait penjajakan kerjasama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara (Peace Building Kerjasama berbasis Penelitian) dan sharing informasi tentang pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam perbincangan diangkat tema besar untuk perwujudan kerjasama ketiga LP2M dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia yakni “Moderasi Beragama Multikultural”.

Dibicarakan juga terkait tugas mahasiswa ketika melaksanakan KKN Nusantara yakni menggali potensi-potensi lokal, memotret toleransi dan harmonisasi beragama dan menggali tradisi atau Local Wisdom (Kearifan Lokal). Direncanakan waktu pelaksanaan selama 45 hari dan setiap 2 (dua) minggu akan di monitoring. Output dari pelaksanaan KKN Nusantara yakni rumah moderasi, expost, deklarasi, duta moderasi dan buku/artikel.

Langkah atau persiapan untuk mewujudkan Moderasi Beragama Multikultural melalui pelaksanaan KKN Nusantara diantaranya;
1. Menyiapkan surat izin
2. Menyiapkan titik keberangkatan dan mengundang Stakeholders
3. Memastikan jumlah kuota mahasiswa dan memilih lokasi / spot yang terfokus
4. Pelaksanaan Memorandum of Agreement (MoA) secara Trilateral antara IAKN Manado, IAIN Manado dan UIN Sunan Ampel Surabaya

Sempat juga dibahas terkait keluaran jurnal nantinya yakni
1. Moderasi Beragama Berbasis Potensi Budaya Lokal
2. Menggali dan Mengkonstruksi Nilai Budaya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Dr. Rubaidi, M.Ag (Kepala Pusat LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya), Muhlisin, S.Ag (Sub Koordinator LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya), Dr. Arhanuddin Salim, M.Pd.I (Ketua LP2M IAIN Manado), Dr. Ishak Talibo, M.Pd.I (Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat IAIN Manado), Rahman Mantu, M.Hum (Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Manado), Magrith Loho, M.Th (Plt. Kapus Pengabdian Masyarakat), Grace Birahim, S.Teol., M.Pd.K (Plt. Kapus Kajian Agama dan Budaya) dan Devis Pinontoan, M.Pd (MBC IAKN Manado).

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Foto : DOP
Sumber : MBC IAKN Manado

X