Hari kedua pelaksanaan Pelatihan Kerjasama dan Pelatihan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado bekerjasama dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd bawakan materi dengan Judul “Pengembangan Sumber Daya Manusia” yang berlangsung di Aula IAKN Manado dan diikuti oleh 30 Peserta, Selasa (27/04/21).

Sebelum masuk pada materi, kegiatan dimulai dengan Yel-yel yang dibawakan oleh para peserta dengan kelompok masing-masing dibagi menjadi tiga kelompok, agar supaya dapat menghangatkan suasana kegiatan. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi.

Dalam pemamparannya, Rektor menyampaikan pengembangan sumber daya manusia dirancang untuk membantu individu, kelompok, dan organisasi secara keseluruhan, agar menjadi lebih efektif. Program ini diperlukan karena manusia, pekerjaan dan organisasi selalu berubah.

“Perubahan ini disebabkan baik oleh dinamika internal organisasi maupun dinamika  faktor-faktor eksternal. Juga Perkembangan teknologi, misalnya, mempunyai implikasi terhadap syarat-syarat atau tuntutan pekerjaan. Adanya kesenjangan antara kemampuan pekerja dan tuntutan pekerjaan yang selalu berkembang, maka diperlukan adanya peningkatan atau penyesuaian pengetahuan dan keterampilan serta sika ppekerja. Dengan kata lain, diperlukannya peningkatan profesionalisme,” tambah Rektor.

Ditengah-tengah kegiatan berlangsung, Rektor pun kembali mencairkan suasana dengan menampilkan sebuah video yang menggunakan gerakan dan diikuti oleh seluruh peserta, sehingga suasana makin cair dan hangat.

Kemudian Rektor mengatakan tujuan pengembangan sumber daya manusia yakni meningkatkan kemampuan dan unjuk-kerja individu serta kelompok, juga program pelatihan pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan unjuk-kerja organisasi.

Pada akhir materi, Rektor kembali mengingatkan Lima Nilai Budaya Kerja Kemenag RI (Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan).

Penulis : MCR
Editor : DOP
Sumber Foto : Humas IAKN Manado
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

 

 

X