Vaksin AstraZeneca atau AZD1222 adalah vaksin untuk mencegah penyakit COVID-19. Vaksin ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Oxford dan AstraZeneca yang dikembangkan sejak Februari 2020. Vaksin AstraZeneca untuk COVID-19 telah menjalani uji klinis di Inggris, Brazil, dan Afrika Selatan. Vaksin ini memiliki nilai efikasi (efek perlindungan terhadap COVID-19) sebesar 63,09%. Vaksin AstraZeneca berasal dari virus hasil rekayasa genetika (viral vector). Vaksin ini bekerja dengan cara menstimulasi atau memicu tubuh untuk membentuk antibodi yang dapat melawan infeksi virus SARS-Cov-2.

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado juga ikut mengambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi Tahap 1 yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara di Lapangan Olahraga Sekolah Eben Haezar Manado selama 2 (dua hari) mulai dari tanggal 30 – 31 Maret 2021.

Diketahui, yang terdaftar dan memberi diri untuk divaksin yakni Dosen, Tenaga Kependidikan, Petugas Keamanan dan Petugas Kebersihan IAKN Manado.

Berdasarkan pantauan Media and Broadcasting Center (MBC) IAKN Manado pelaksanaan vaksinasi dibagi dalam beberapa tahapan yaitu dimulai dengan pengecekan suhu tubuh, dilanjutkan registrasi, kemudian verifikasi, selanjutnya skrining seperti pemeriksaan tekanan darah dan pengecekan kesehatan lainnya, setelah itu proses penyuntikan vaksin dan tahapan terakhir observasi yang didalamnya harus menunggu selama 30 menit setelah vaksin untuk mengecek apakah ada gejala yang timbul setelah divaksin dan menerima surat telah divaksin Tahap 1 dan mendapat informasi untuk jalani vaksinasi Tahap 2 setelah 8 (delapan) minggu kedepan atau +  2 bulan berikutnya serta diberikan obat-obatan jika sewaktu waktu mengalami rasa sakit setelah divaksin.

Dibagian observasi terdapat penjelasan yang harus dilakukan oleh setiap orang yang sudah divaksin yakni tetap menerapkan protokol kesehatan, hindari minuman beralkohol dan bersoda, kompres daerah suntikan dengan air dingin atau biasa (jangan air hangat), hindari aktivitas berat terutama tangan yang disuntik, jika demam atau menggigil atau nyeri badan hanya boleh minum paracetamol dan jika ada keluhan lebih lanjut dapat menghubungi dokter yang ada di kartu Vaksin.

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Foto : DOP
Sumber Berita : https://www.alodokter.com/vaksin-astrazeneca dan MBC IAKN Manado

X