Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dan Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) jalin kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Graha Oikumene Jakarta, Kamis (29/04/21). Kerjasama ini terkait pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Pdt. Dr. Jeane Marie Tulung, STh., MPd (Rektor IAKN Manado), Pdt. Gomar Gultom (Ketua Umum PGI), Pdt. Jacklevyn Fritz Manuputty (Sekum PGI) dan didampingi oleh Pdt. Krise Gosal (Wasekum PGI), Arie Moningka (Wabendra PGI), beberapa sekretaris eksekutif di lingkungan PGI dan Mercy Waney, S.Th., M.PAK (Plt. Kepala Pusat Kerjasama Dalam dan Luar Negeri IAKN Manado).

Ketum PGI Pdt. Gomar Gultom dalam sambutannya memberi apresiasi sekaligus berharap agar dalam waktu yang tidak terlalu lama IAKN Manado dapat ditingkatkan menjadi Universitas Kristen Negeri.

Ditambahkannya, semoga dengan kerjasama ini terjalin sinergitas yang kuat dalam bidang pendidikan dan penelitian. “Nanti kajian-kajian akademis IAKN Manado bisa disumbangkan untuk PGI. Dari PGI ya katakanlah siapapun dari PGI yang mumpuni bisa memberikan kuliah umum. Ada juga seminar-seminar yang dilakukan PGI baik tingkat nasional internasional bisa diikuti dosen-dosen kita untuk memperoleh KUM,” tutur Ketua Umum PGI.

Rektor IAKN Manado dalam sambutannya juga mengakui bahwa sebagai instansi pemerintah, pihaknya sangat bersyukur karena dapat bermitra dengan PGI. Hal ini semakin memperkuat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi IAKN Manado.

“Kami berharap dari PGI tidak hanya kuliah umum tetapi memberi kuliah secara regular juga terbuka karena sekarang semakin dimudahkan lewat online. Para dosen maupun SDM yang ada di lingkup PGI pun bisa berkolaborasi dalam melaksanakan penelitian dan pengkajian, karena baik fakultas maupun prodi-prodi kami masih Ilmu Agama, belum ada Ilmu Umum. Sehingga sangat berharap juga dengan adanya kerjasama ini, kami akan terus mengembangkan Ilmu Agama dimana IAKN Manado bisa menjadi pusat kajian Ilmu Agama di Sulawesi utara,” ujar Rektor IAKN Manado.

Rektor juga berharap agar mahasiswanya dapat melakukan magang ataupun Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk dari pengabdian kepada masyarakat, tidak hanya di Sulawesi Utara tetapi di seluruh daerah pelayanan gereja-gereja anggota PGI, sebagai implementasi dari Program KKN Nusantara.

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Foto : Pegawai PGI
Sumber Berita : https://pgi.or.id/pgi-iakn-manado-tandatangani-mou/ dan MBC IAKN Manado

X