Bertajuk Moderasi Beragama, IAKN Manado dan 4 Perguruan Tinggi di Sulawesi Utara Sukses Gelar Pekan FMLA Tahun 2022

Forum Mahasiswa Lintas Agama (FMLA) kembali menggelar kegiatan pertukaran mahasiswa lintas agama tahun 2022, yang diikuti 5 kampus berbasis agama. Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT), Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng (STFSP), Sekolah Tinggi Pastoral St. Don Bosco (STIPAS DB) bertajuk “Moderasi Beragama Sebagai Perekat dan Pemersatu Keberagaman”.

Kegiatan dimulai pada Minggu 27 Maret 2022 – Sabtu 2 April 2022 dan acara pembukaan dilaksanakan di STFSP sekaligus penjemputan mahasiswa pertukaran. Ada 5 (lima) Perguruan Tinggi (PT) yang mengikuti kegiatan ini tetapi tahun ini hanya 3 PT yang membuka akomodasi mahasiswa pertukaran di antaranya IAKN Manado, IAIN Manado dan STFSP.

Pada hari yang ke-3, Rabu, 30 Maret 2022 dilaksanakan malam keakraban antar kampus yang mengikuti kegiatan FMLA. Acara dilaksanakn di Ruang Teater Lantai IV Fakultas Syariah IAIN Manado. Masing-masing akomodasi setiap kampus menampilkan atraksi-atraksi yang ada baik teater, puisi, dan nyanyian dan dilanjutkan dengan pemasangan api unggun.

Pada hari ke-4, Kamis, 31 Maret 2022 dilaksanakan Kuliah Bersama yang dihadiri pembicara setiap kampus yang mengikuti kegiatan FMLA ;

  1. Pdt. Dr. Marhaeni L. Mawuntu, M.Si. (UKIT)
  2. Rahman Mantu, M.Hum. (IAIN Manado)
  3. Dr. F. B. Arthur Gerung, M.Th (IAKN Manado)
  4. Pst. Hermas Asumbi, Ss., S.S.L., MSC (STFSP)
  5. Dr. Marthinus M. Lintong, Ss., M.Pd (STIPAS DB)

Hari terakhir pertukaran mahasiswa lintas agama pada Sabtu, 2 April 2022 semua peserta kembali berkumpul di STFSP untuk memulangkan mahasiswa pertukaran di kampus masing-masing. Momen haru terjadi saat perpisahan berlangsung, dimana kebersamaan yang dilaksanakan selama kurang lebih 1 minggu harus berpisah demi masa depan masing-masing.

Mahasiswa IAKN yang mengikuti kegiatan FMLA antara lain ;

Akomodasi STFSP ;
Bellatrix Jacobus
Ananda P. M. C. Korinus
Debora Joy P.  Bane
Enjeli Mangunselle
Riandly Saliareng
Anggelino Abas
Satria M. Kaluku
Noprianti Landewang
Gradeo T. Y. Ratag
Giovani Matimbang
Fandi A. Mitusala
Jianny Mamentu

Akomodasi IAIN;
Desika Sudara
Chezia C.G. Kaunang
Agrendi Mangali. *CK

Facebook 
Instagram
Kementerian Agama 
Website IAKN Manado