Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan pengembangan inovasi dan teknologi, pertemuan forum inovasi daerah dan launching lomba inovasi daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan tema penguatan inovasi daerah di salah satu hotel di Kota Manado, Kamis (29/04/21).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatangan perjanjian kerjasama bersama beberapa Perguruan Tinggi (PT) di Sulawesi Utara termasuk Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M).

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong tumbuh kembangnya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui sinergitas di antara unsur unsur Akademisi, bisnis, pemerintahan, masyarakat dan media. Kemudian, meningkatkan pemahaman dan wawasan pengembangan inovasi daerah dalam rangka penguatan inovasi daerah dalam rangka penguatan inovasi daerah di Sulawesi Utara.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Jemy Lampus, M.Kes menyampaikan bahwa sebagai bagian dari entitas pengembangan sistem inovasi nasional, setiap daerah di Indonesia dituntut untuk turut serta mengembangkan sistem inovasi di daerahnya. Kaitannya dengan itu, dalam rangka pencapaian visi Sulawesi Utara Maju dan Sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik, Provinsi Sulawesi Utara memerlukan pengaturan yang dapat menciptakan ruang bagi interaksi dan kolaborasi pelaku inovasi.

Ditambahkannya, dalam pengembangan inovasi dan teknologi daerah, tidak dipungkiri perlu adanya jalinan koordinasi, sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi antara Bapelitbangda dan Perguruan Tinggi untuk memperkuat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah Prov. Sulawesi Utara.

Sekda berharap konsistensi tekad dan komitmen semuanya akan tetap terjaga, terpelihara bahkan kedepan semua semakin mampu memberikan kontribusi positif dengan jalinan hubungan kerjasama yang baik serta senantiasa satu persepsi, bekerja bersama, menghasilkan temuan dan inovasi yang aplikatif, yang dapat meningkatkan daya saing daerah untuk kemajuan bersama dan kesejahteraan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Penandatanganan ini dihadiri oleh 5 (Lima) Kepala LP2M Perguruan Tinggi di Sulawesi Utara termasuk Plt. Kepala LP2M IAKN Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, ST., M.Pd dan Margarith Loho, M.Th (Plt. Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat IAKN Manado). Selain itu, perangkat daerah lingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, instansi vertikal yang terkait dengan kelitbangan di Prov. Sulut, Balitbangda/Bapelitbangda/Bapedda Kabupaten dan Kota Se-Sulut, pelaku bisnis serta awak media.

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Foto : DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X