Menuju Transformasi Kelembagaan IAKN Manado ke UKN Minahasa, Sekjen Kemenag RI Beri Kuliah Umum

Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado menggelar Kuliah Umum dengan tema “Menuju Transformasi Kelembagaan IAKN Manado ke UKN Minahasa” oleh Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Sekjen Kemenag RI) di Aula IAKN Manado dan melalui aplikasi Meeting yang diikuti oleh seluruh Mahasiswa IAKN Manado, Jumat (16/04/2021).

Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan rasa suka cita serta apresiasi yang tinggi kepada Bapak Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag yang berkenan datang ke IAKN Manado walaupun disela-sela kesibukkan tugas dan tanggung jawab sebagai Sekjen.

“Kami tahu bersama, bahwa Bapak Sekjen juga sementara menjalani Ibadah Puasa, tetapi boleh berkenan hadir dan memberikan Kuliah Umum dalam rangka pengembangan Kampus IAKN Manado,” tambah Rektor.

Lanjut, Rektor menyampaikan kepada Bapak Sekjen mengenai pengembangan Kampus IAKN Manado, dimana Perkembangan IAKN Manado cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir, pada saat ini IAKN Manado terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dirinya dalam memikul tanggung jawab ini. Peningkatan diberbagai sektor terus digenjot.  Peningkatan aspek birokrasi telah nampak dari penandatanganan maklumat pelayanan keterpilihan IAKN Manado menjadi pilot project penilaian Pembangunan ZI WBK/WBBM.

“Tentunya pengembangan ini tidak lepas dari peran dan kontribusi aktif dari semua jajaran kementerian Agama RI, untuk itu diucapkan terima kasih”, Ucap Rektor.

Pada akhir sambutan, Rektor berharap kiranya usulan yang sudah dan sedang berproses di Kementerian Agama itu dapat terus berjalan dan hingga akhirnya mimpi besar IAKN Manado menjadi Universitas Kristen Negeri Minahasa itu dapat terwujud.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang dibawakan oleh Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag (Sekjen Kemenag RI) mengangkat topik tentang “Kebijakan Transformasi Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Kementerian Agama”.

Mengawali kuliah umum, Sekjen mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga dapat melaksanakan salah satu kegiatan Ilmiah, karena dalam penyusunan borang akreditasi didalamnya ada seminar atau forum ilmiah yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi. Dalam pemaparan materi, Sekjen mengatakan pendidikan itu adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan serta peradaban bangsa.

Ditambahkannya, transformasi kelembagaan harusnya menjawab kebutuhan masyarakat, kebutuhan pembangunan nasional, pertumbuhan potensi jumlah mahasiswa serta pengembangan Iptek dan Seni.

Berkenaan dengan itu, “Saya datang kesini adalah memberikan support kepada bapak/ibu semua, saya bermimpi memiliki obsesi setiap Direktorat Jenderal atau Bimas memiliki Perguruan Tinggi berbentuk Universitas begitu pun kepada IAKN Manado menuju UKN Minahasa”, Tutup Nizar.

Turut hadir mengikuti kuliah umum Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Biro AUAK IAIN, Kepala Bidang Pendidikan Kristen Kanwil Kemenag, Kepala Bidang Urusan Agama Kanwil Kemenag, Para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan para pimpinan serta Guru Besar IAKN Manado.

Penulis : MCR
Editor : DOP
Sumber Foto : RKG & MM
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

Written by 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *